PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG PENANGANAN DISMINOREA KELAS X DI SMKN 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Fhatin Hamami Husna, Eko Mindarsih, Melania Melania

Abstract


Latar Belakang: Remaja putri membutuhkan informasi atau pendidikan tentang proses dan kesehatan selama menstruasi, terutama sindrom pramenstruasi beserta penanganan tentang disminorea. Berdasarkan hasil wawancara kepada  30 siswi diketahui bahwa sebagian besar siswi tidak mengetahui cara penanganan disminorea.

Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan sebelum dan sesudah diberikan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja putri tentang penanganan disminorea di SMKN 1 Depok Sleman Yogyakarta..

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan quasy eksperimen engan rancangan  pre and post test without control. Subyek penelitian adalah siswi yang mengalami disminore dengan jumlah sampel 30 siswi yang diambil menggunakan total sampling, kemudian dianalisa menggunakan wilcoxon..

Hasil: Tingkat pengetahuan siswi sebelum dilakukan pendidikan kesehatan sebagian besar dalam kategori kurang yaitu 66,7 %. Sedangkan setelah diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar siswi dalam kategori baik yaitu 56,7%. Sedangkan sikap sebelum diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar dalam kategori negatif yaitu 93,3 %. Dan setelah diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar siswi dalam kategori positif yaitu 100,0 % dengan nilai p value 0,000.

Kesimpulan: Ada pengaruh  antara  tingkat pengetahuan dan sikap remaja putri tentang penanganan disminorea di SMKN 1 Depok Sleman Yogyakarta.

 

Kata kunci: Tingkat Pengetahuan, Sikap, Penanganan Disminorea


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v13i2.158

Article Metrics

Abstract view : 1245 View
PDF - 862 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar