HUBUNGAN FREKUENSI SENAM HAMIL DENGAN LAMA PERSALINAN KALA II DI RB RAHMI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2015

Tika Puspita Sari, Eko Mindarsih, CH. M Widhi Hartini

Abstract


Latar Belakang : Pelayanan kesehatan maternal dan neonatal merupakan salah satu unsur penentu status kesehatan, hal tersebut dikarenakan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) adalah salah satu indikator utama derajat kesehatan suatu negara. Jumlah AKI di Indonesia sendiri masih tergolong tinggi di antara negara-negara ASEAN lainnya, yaitu 359 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2012. AKI di Indonesia merupakan yang tertinggi se-Asia Tenggara, padahal target capaian MDGs (Milenium Development Goals) adalah 102 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2015. Salah satu penyebab kematian ibu bersalin adalah partus lama yaitu 4,74%. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di RB Rahmi pada tanggal 4 – 8 Februari 2015 didapatkan ibu yang mengikuti senam hamil pada juli – desember 2013 dan bersalin di RB Rahmi sebanyak 43 orang. Ibu yang jarang mengikuti senam hamil sebagian besar lama persalinan kala II normal dan yang sering mengikuti senam hamil seluruhnya lama persalinan kala II normal.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan frekuensi senam hamil dengan lama persalinan kala II.

Metode Penelitian : penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang mengikuti program senam hamil di RB Rahmi Kota Yogyakarta pada bulan Juni - Agustus 2014 yaitu 53 ibu hamil. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel di analisis dengan menggunakan rumus Chi -Square.

Hasil : Berdasarkan hasil analisis didapatkan karateristik ibu yang mengikuti senam hamil di RB Rahmi sebagian besar ibu berumur 20 -35 tahun yaitu 51 orang atau 9 6,2%, sebagian ibu adalah bekerja yaitu 33 orang atau 62,3%, dan sebagian besar ibu adalah primigravida yaitu 32 orang atau 60,4%. Dari hasil penelitian ada hubungan frekuensi senam hamil dengan lama persalinan kala II di RB Rahmi Kota Yogyakarta dengan hasil analisis statistik yaitu X2hitung > X2tabel (4,848>3,841) atau p-value < 0,05 (0,028<0,05). Berdasarkan hasil penelitian juga didapatkan nilai koefisien kontingensi (C) sebesar 0,289 yang artinya hubungan variabel berada pada tingkat rendah.

Kesimpulan : Ada hubungan frekuensi senam hamil dengan lama persalinan kala II

Kata Kunci : Frekuensi senam hamil, lama persalinan kala II

1Mahasiswa program studi Diploma IV Universitas Respati Yogyakarta

2Dosen Program studi Diploma IV Bidan Pendidik Universitas Respati Yogyakarta 3Dosen program studi Diploma III Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v0i0.79

Article Metrics

Abstract view : 159 View
PDF - 87 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar