PENGARUH SENAM KAKI DIABETIK TERHADAP ANKLE BRACHIAL INDEX PADA PENGIDAP DIABETES MELLITUS DI KELOMPOK PERSADIA DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Deka Saputra, Mohamad Judha, Santi Damayanti

Abstract


Latar Belakang : Diabetes Mellitus dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang disebabkan oleh peningkatan kadar glukosa dalam darah. Komplikasi yang paling sering ditemukan adalah perubahan patologis anggota gerak bagian bawah yang disebut diabetic foot, neuropati, vaskulopati dan Pheripheral Artery Disease (PAD). Untuk mengetahui apakah seorang pengidap DM mengalami PAD adalah dengan cara melakukan pemeriksaan Ankle Brachial Index (ABI). Salah satu upaya penatalaksanaan untuk menjaga peredaran darah adalah dengan senam kaki diabetik. Senam kaki diabetik sangat bermanfaat bagi pengidap DM karena dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah di kaki dan mengurangi keluhan neuropathy sensorik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan  didapatkan 6 orang mengidap PAD dari 75% pengidap DM di kelompok PERSADIA RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

 Tujuan : untuk mengetahui pengaruh senam kaki diabetik terhadap Ankle Brachial Index pada pengidap Diabetes Melitus di kelompok PERSADIA RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

 Metode Penelitian : Desain penelitian yang digunakan adalah quasy experiment pre and post test without control. Populasi dalam penelitian ini adalah pengidap DM di kelompok PERSADIA RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.  Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 24 sampel dengan teknik consecutive sampling. Analisa data penelitian menggunakan uji Wilcoxon dengan α <0.05.

 Hasil : Nilai ABI sebelum senam kaki diabetik, nilai mean ABI 1.27, nilai minimal 0.72 dan nilai maksimal 1.85. Nilai ABI setelah dilakukan senam kaki diabetic, nilai mean ABI 1.14, nilai minimal 0.91 dan nilai maksimal 1.30. Hasil uji Wilcoxon perbedaan ABI sebelum dan sesudah senam kaki diabetik  diperoleh p value 0.02 (p value <0.05).

 Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh senam kaki diabetik terhadap Ankle Brachial Index pada pengidap Diabetes Melitus di kelompok PERSADIA di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

 

Kata Kunci : Senam Kaki Diabetik, Ankle Brachial Index, Diabetes Mellitus


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v0i0.87

Article Metrics

Abstract view : 583 View
PDF - 129 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar