FENOMENA SELEBGRAM, CITRA TUBUH DAN PERILAKU MAKAN PADA REMAJA PUTRI DI YOGYAKARTA

Fera Nofiartika, Tri Mei Khasana, Ellina Martha Artanti

Abstract


Latar Belakang: Selebgram atau selebriti instagram kerap membagikan figur tubuh ideal yang mereka miliki sehingga muncul istilah “body goals”. Remaja putri sangat mudah terpengaruh oleh bentuk tubuh selebgram yang mereka lihat di media sosial. Ketertarikan terhadap tampilan fisik tersebut dapat memicu adanya perbandingan penampilan yang dapat menyebabkan ketidakpuasan terhadap citra tubuh. Terpaan informasi yang disampaikan oleh selebgram melalui media sosial tersebut juga dapat menimbulkan masalah dalam pemilihan makanan yang menyebabkan perubahan perilaku makan seseorang.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara terpaan akun selebgram dengan citra tubuh dan perilaku makan pada remaja putri di Yogyakarta.

Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini sebanyak 227 remaja putri berusia 15-24 tahun yang bersekolah tingkat SMA/SMK di Kota Yogyakarta. Analisis statistik yang digunakan adalah uji chi square.

Hasil: Dari penelitian ini diketahui bahwa sebanyak 44,1% responden sering mendapat terpaan akun selebgram, cukup banyak responden (45,8%) yang memiliki citra tubuh yang kurang baik dan 50,7% responden memiliki perilaku makan yang kurang baik. Terdapat hubungan antara terpaan akun instagram dengan citra tubuh (p value 0,006) dan perilaku makan (p value 0,014) remaja di Kota Yogyakarta.

Kesimpulan: Citra tubuh dan perilaku makan remaja putri di Kota Yogyakarta berkaitan dengan intensitas terpaan akun selebgram.


Keywords


selebgram; citra tubuh; perilaku makan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v17i2.765

Article Metrics

Abstract view : 302 View
PDF - 132 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar