EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATA KULIAH KOMUNIKASI DAN KONSELING MAHASISWA PROGRAM STUDI D-III KEBIDANAN SEMESTER II UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA

Soepri Tjahjono Moedji Widodo

Abstract


Proses pembelajaran yang dilakukan merupakan aktivitas transformasi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Pembelajaran yang dilakukan harus lebih berpusat pada siswa, sehingga siswa ikut terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan mendapatkan hasil belajar yang optimal. Indikator hasil belajar kognitif biasa disebut sebagai prestasi belajar (out put) peserta didik. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yang menggunakan desain Static Group Comparasion. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara proposional random sampling. Populasi penelitian berjumlah 210 orang dan sampelnya adalah mahasiswa kelas A.92 (kelas kontrol) yang diberikan Pembelajaran Metode Problem Based Instruction dan mahasiswa kelas A.95 (kelas eksperimen) menggunakan metode ceramah. Pada akhir pembelajaran kedua kelas dievaluasi dengan soal post test kemudian dilakukan editing, scoring, coding, transfering, tabulating. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test (uji-t)

Hasil Penelitian : Hasil post test didapatkan nilai tertinggi dan terendah dari kelas eksperimen secara berturut-turut adalah 85 dan 65 dengan mean/rata-rata 75, modus (nilai yang sering muncul) 73 sebanyak 20 mahasiswa serta standar deviasi 16.76542, sedangkan untuk kelas kontrol secara berturut-turut adalah 77 dan 53 dengan rata-rata nilai 65, modus 52 sebanyak 18 mahasiswa serta standar deviasi 10,13516.  Hasil uji hipotesis menggunakan α = 0,05 dan df = 60 didapat tα/2=2,000 dan tα = 1,67. Karena thitung = 0,314 < tα/2 = 2,000 maka Ho diterima artinya terdapat perbedaan signifikan pada efektivitas pembelajaran Komunikasi dan Konseling dengan menggunakan Pembelajaran Metode Problem Based Instruction ditinjau dari hasil belajar mahasiswa dan karena thitung=0,284< tα= 1,67 maka Ho diterima, artinya pembelajaran Komunikasi dan Konseling pada pokok bahasan Mendengar Aktif dengan menggunakan Pembelajaran Metode Problem Based Instruction lebih efektif daripada pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah.

Kesimpulan : Pendekatan Pembelajaran Metode Problem Based Instruction memiliki nilai rata-rata lebih tinggi daripada pendekatan metode ceramah. Ada perbedaan keefektivitasan antara pendekatan Pembelajaran Metode Problem Based Instruction dan ceramah.


  Kata Kunci : Pembelajaran Metode Problem Based Instruction, ceramah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v9i4.48

Article Metrics

Abstract view : 127 View
PDF - 21 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar