PERSEPSI TENTANG PENGAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI

Soepri Tjahjono Moedji Widodo

Abstract


Pendidikan kesehatan reproduksi pada wilayah aplikasinya merupakan penerjemahan dari pemenuhan akan hak kesehatan reproduksi remaja. Pada 12 hak kesehatan reproduksi remaja yang ditelorkan dalam dokumen ICPD di Kairo 1994, point 1 menyebutkan bahwa remaja berhak mendapatkan informasi dan pendidikan kesehatan reproduksi. Pemberian pendidikan kesehatan reproduksi di sekolah memiliki peran yang sangat signifikan, karena sekolah menjadi tempat anak-anak untuk menjadi anggota masyarakat.

Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, yang pada analisisnya menggabungkan data berupa angka dengan narasi diskriptif.  Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh ganbaran kebutuhan profil pengajar dan metode pembelajaran dalam pendidikan kesehatan reproduksi.

Hasil yang didapat bahwa guru dalam mengajar pendidikan kesehatan reproduksi harus friendly metode pembelajaran dilakukan secara non konvensional.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v0i0.51

Article Metrics

Abstract view : 141 View
PDF - 55 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar