PENGARUH USIA KEHAMILAN TERHADAP RISIKO PRE EKLAMSI – EKLAMSI PADA KEHAMILAN

Lestariningsih Lestariningsih

Abstract


Preeklampsia-Eklamsia adalah penyakit pada kehamilan yang ditandai hipertensi, edema dan proteinurea. Penyakit ini umumnya terjadi pada Trimester akhir kehamilan, tetapi dapat pula terjadi pada Trimester sebelumnya. Banyak faktor yang mempengaruhi preeklamsi–eklamsi pada kehamilan diantaranya usia, paritas dan riwayat hipertensi, riwayat hipertensi dan diabetes mellitus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh usia kehamilan terhadap risiko pre eklamsi –  eklamsi pada kehamilan. Metode yang digunakan deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional.
Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah responden 87. Uji analisis menggunakan uji Chi Square. Hasil analisis didapatkan karakteristik responden sebagian besar berusia 20-35 tahun (64.37%),
berpendidikan menengah (54.20%), sebagian besar adalah ibu rumah tangga (63.22%) dan paritas primipara (64.37%). Hasil analisis bivariat X2 hitung 6.850 dengan p value 0.033. Kesimpulan dari penelitian ini adalah usia kehamilan berpengaruh terhadap risiko preeklamsi-eklamsi.


Kata Kunci : eklamsi, usia, kehamilan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v13i1.241

Article Metrics

Abstract view : 632 View
PDF - 426 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lestariningsih Lestariningsih

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar