HUBUNGAN ANTARA POLA KONSUMSI MAKANAN YANG MENGANDUNG GLUTEN DAN KASEIN DENGAN PERILAKU ANAK AUTIS PADA SEKOLAH KHUSUS AUTIS DI YOGYAKARTA

Ari Tri Astuti

Abstract


 

Latar Belakang : Prevalensi anak autis semakin meningkat, sekitar tahun 1989 diperkirakan hanya terdapat 2-4 penyandang autis per 10.000 anak, namun pada tahun 1999 menjadi 15 sampai 20 per 10.000 anak. Penyandang autis di Indonesia pada tahun 2007 diperkirakan mencapai 475.000 orang. Diet yang pada umumnya diterapkan pada anak autis adalah diet GFCF (gluten free casein free). Makanan tertentu yang mengandung protein susu sapi (kasein) dan protein gandum (gluten) dapat membentuk kaseomorfin dan gluteomorfin sehingga diduga dapat menyebabkan gangguan perilaku.

Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan antara pola konsumsi makanan yang mengandung gluten dan kasein dengan perilaku anak autis pada  sekolah khusus autis di Yogyakarta serta mengetahui pendapat orang tua/wali anak autis tentang pengaruh diet bebas gluten dan bebas kasein terhadap perkembangan perilaku anak.

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini  adalah observasional dengan desain  cross sectional yang dilengkapi dengan metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di sekolah khusus autis Bina Anggita dan Dian Amanah Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data untuk pola konsumsi gluten dan kasein menggunakan FFQ (Food Frequency Questioner) sedangkan data untuk perilaku diperoleh dari check list daftar deteksi autis menurut WHO (ICD-10). Pengumpulan data kualitatif yang melalui indepth interview. Metode analisis data yang digunakan  adalah uji statistik chi square dan uji Fisher.

Hasil : Sebanyak  50% subjek mempunyai pola konsumsi gluten dan kasein yang baik. Perilaku anak autis selama kurun waktu 3 bulan terakhir  sebagian besar     ( 75 %) menunjukkan perubahan yang baik. Tidak terdapat hubungan antara pola konsumsi makanan yang mengandung gluten dan kasein dengan perilaku anak autis ( p > 0,05). Sebanyak 60 % responden  mengatakan bahwa diet bebas gluten dan bebas kasein berpengaruh pada perilaku anak, namun hanya ada 45 % responden yang menerapkan diet tersebut.

Kesimpulan : 1). tidak ada hubungan antara pola konsumsi makanan yang mengandung gluten dan kasein dengan perilaku anak autis pada sekolah khusus autis Bina Anggita dan Dian Amanah ; 2). sebagian besar responden menyatakan bahwa diet bebas gluten dan bebas kasein memang berpengaruh pada perilaku anak.

Kata kunci : autis, pola konsumsi, gluten dan kasein, perilaku


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v11i1.116

Article Metrics

Abstract view : 2598 View
PDF - 1402 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar