FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG OBESITAS PADA BALITA DI POSYANDU TEMUPOH 1 WILAYAH KERJA PUSKESMAS TEGALREJO YOGYAKARTA TAHUN 2017

Lusiana Candra Dewi, Sudarti Sudarti

Abstract


Latar Belakang : Obesitas menjadi masalah kesehatan diseluruh dunia, beberapa faktor penyebab obesitas adalah kurangnya pengetahuan orang tua,tingkat pengetahuan orang tua dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor usia, pendidikan dan pekerjaan. Studi pendahuluan dengan wawancara terhadap 10 ibu yang memiliki balita didapatkan dari 10 ibu tersebut hanya 2 orang ibu yang bisa menjawab pertanyaan tentang obesitas dengan benar, sedangkan 3 orang ibu menjawab kurang paham tentang obesitas dan 5 orang ibu tidak bisa menjawab pertanyaan tentang obesitas.

Tujuan Penelitian : Mengetahui faktor- faktor apa saja yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan ibu tentang obesitas pada balita di Posyandu Temupoh 1 Wilayah Kerja Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta.

Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik, dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian ini ibu yang memiliki balita sejumlah 44 ibu. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Uji statistik yang digunakan adalah Uji Chisquare dan Uji Kendalltau.

Hasil Penelitian : Hasil uji statistik dengan menggunakan kendalltau dan chisquare dari faktor-faktor pengetahuan dengan tingkat pengetahuan ibu diperoleh pada faktor pendidikan dengan p- value 0.000, maka ada hubungan antara faktor pendidikan dengan tingkat pengetahuan ibu tentang obesitas pada balita.

Kesimpulan : Terdapat hubungan antara faktor pendidikan dengan tingkat pengetahuan ibu yang memiliki balita di Posyandu Temupoh 1 wilayah kerja Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta.

Kata Kunci : Faktor, Pengetahuan, Obesitas Pada Balita

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v12i4.96

Article Metrics

Abstract view : 356 View
PDF - 261 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar