HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PHBS DI RUMAH TANGGA DENGAN PERILAKU MEROKOK DALAM RUMAH KEPALA RUMAH TANGGA DI DUSUN KARANGNONGKO YOGYAKARTA

Heni Trisnowati, Stefandri Suryatno Daduk

Abstract


Latar belakang : Merokok dalam rumah merupakan indikator PHBS terendah dengan persentase 55,4% dan masih menjadi masalah kesehatan saat ini di Yogyakarta. Berdasarkan survei pendahuluan di lokasi penelitian, dari 10 rumah tangga yang disurvei terdapat 7 (70%) rumah tangga yang anggota keluarganya merokok dalam rumah. Hal ini bertentangan dengan salah satu indikator PHBS yaitu semua orang agar tidak merokok di dalam rumah terutama bila berdekatan dengan ibu hamil, dan bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap kepala rumah tangga terhadap PHBS rumah tangga dengan perilaku merokok dalam rumah.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi adalah kepala keluarga di Dusun Karangnongko yang berjumlah 68 orang. Selanjutnya digunakan sampel total sampling sejumlah populasi. Analisis data menggunakan sistem komputer dan menggunakan uji chi square. Hasil. Pengetahuan kepala rumah tangga tentang PHBS Rumah Tangga sebagian besar  dalam  kategori kurang dan cukup yaitu sebanyak 54 orang (79,4%). Mayoritas kepala rumah tangga tidak mendukung PHBS Rumah Tangga yaitu sebanyak 39 orang (57,4%). Ada 60 (88,2%) orang merokok di dalam rumah. Selanjutnya berdasarkan uji chi square terdapat hubungan pengetahuan kepala rumah tangga tentang PHBS rumah tangga dengan perilaku merokok dalam rumah dan ada hubungan ikap terhadap PHBS rumah tangga dengan perilaku merokok dalam rumah dengan P value secara masing-masing 0,000 dan 0,004 (p < 0,005).

Kesimpulan:.Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap terhadap PHBS rumah tangga dengan perilaku merokok dalam rumah pada kepala rumah tangga di Dusun Karangnongko, Yogyakarta. Semakin tinggi pengetahuan dan sikap mendukung PHBS rumah tangga maka perilaku merokok semakin berkurang.

 Kata Kunci:  pengetahuan, sikap, PHBS Rumah tangga, perilaku merokok


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v12i4.94

Article Metrics

Abstract view : 1989 View
PDF - 1140 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar