HUBUNGAN PERILAKU BERMAIN VIDEO GAME ONLINE DENGAN KETAJAMAN VISUS MATA ANAK USIA SEKOLAH

Donny Firdaus, Muflih, Endang Lestiawati

Abstract


Latar Bekakang: Seiring dengan perkembangannya teknologi pada saat ini sangat mendorong bertambahnya angka kejadian penurunan ketajaman penyakit mata. Anak yang sering bermain game online di depan monitor komputer atau tablet yang berlebihan dapat mengakibatkan penurunan ketajaman mata. Gangguan ketajaman Visus disebabkan oleh berbagai faktor kebiasaan antara lain membaca yang terlalu dekat,dan radiasi cahaya yang berlebihan yang diterima oleh mata, sehingga menyebabkan kelelahan pada mata. Tujuan: mengetahui hubungan perilaku bermain video game online dengan ketajaman  visus mata anak usia sekolah. Metode: Jenis penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Teknik sampling dengan observasi langsung dengan teknik accidental sampling. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 31 responden. Intrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur perilaku bermain game dan kartu Snellen untuk mengukur ketajaman visus mata. Analisis data hipotesis menggunakan uji chi square. Hasil: Gambaran ketajaman penglihatan anak usia sekolah yang bermain video game sebagian besar normal (71%). Gambaran perilaku bermain video game online pada anak usia sekolah  sebagian besar adalah reguler gamers (58,1%). Hasil uji chi square diperoleh p-value sebesar 0,026 < 0,05. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan perilaku bermain video game online dengan ketajaman visus mata pada anak usia sekolah di warung internet Babarsari Caturtunggal Depok Sleman Yogyakarta.

 Kata Kunci: perilaku siswa, ketajaman penglihatan, visus mata, game online


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v0i0.66

Article Metrics

Abstract view : 706 View
PDF - 213 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar