FAKTOR PENENTU KEPATUHAN IBU HAMIL DALAM KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS JETIS II KABUPATEN BANTUL

Almira Gitta Novika, Yana Luthfiyati

Abstract


Latar Belakang : Untuk menurunkan Angka Kematian Ibu, salah satunya dapat dilakukan dengan pemeriksaan kehamilan yang teratur pada ibu hamil. Kepatuhan ibu hamil dalam kunjungan ANC dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah pemahaman tentang instruksi, tingkat pendidikan, dukungan keluarga, tingkat ekonomi dan dukungan sosial. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, tingkat pengetahuan dan sikap dengan kepatuhan ibu hamil dalam kunjungan Antenatal Care di Puskesmas Jetis II.

Metode : Jenis penelitian adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan accidental sampling. Variabel penelitian yaitu tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, tingkat pengetahuan, sikap dan kepatuhan ibu hamil dalam kunjungan Antenatal Care. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah chi-square.

Hasil : Sebagian besar responden berada dalam usia reproduksi sehat 31 (86,1%), tidak bekerja 28 (77,8%), multigravida 26 (72,2%), tingkat pendidikan menengah 26 (72,2%), tingkat ekonomi kurang dari UMR 20 (55,6%), tingkat pengetahuan baik 28 (77,8%), sikap positif 22 (61,1%), patuh dalam kunjungan Antenatal Care 28 (77,8%). Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan tingkat pendidikan (p = 1,000), tingkat ekonomi (p = 1,000), tingkat pengetahuan (p = 1,000), sikap (p = 1,000) dengan kepatuhan ibu hamil dalam kunjungan Antenatal Care di Puskesmas Jetis II Kabupaten Bantul.

Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, tingkat pengetahuan dan sikap dengan kepatuhan ibu hamil dalam kunjungan Antenatal Care di Puskesmas Jetis II.


Keywords


Kepatuhan; Ibu Hamil; Kunjungan Antenatal Care

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v13i0.280

Article Metrics

Abstract view : 207 View
PDF - 66 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Almira Gitta Novika, Yana Luthfiyati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar