UJI KESESUAIAN ALAT DIGITALISASI TFU, PITA UKUR dan HPHT DALAM MENENTUKAN USIA KEHAMILAN PADA IBU HAMIL TRIMESTER DUA DAN TRIMESTER TIGA

Febi Puji Utami, Firman F Wirakusumah, Hidayat Wijayanegara, Adjat Sedjati Rasyad, Suryani Soepardan, Ma’mun Sutisna

Abstract


Latar Belakang: Estimasi usia kehamilan yang akurat mempengaruhi asuhan kebidanan yang akan diberikan pada ibu dan bayi. Usia kehamilan dapat ditentukan berdasarkan HPHT, gerakan janin, pemeriksaan Leopold, pengukuran TFU, dan USG. Pada penelitian ini usia kehamilan di hitung berdasarkan tinggi fundus uteri menggunakan alat digitalisasi TFU dan pita ukur kemudian setelah didapatkan usia kehamilan di sesuaikan dengan usia kehamilan menurut HPHT.

Tujuan: Untuk menganalisis kesesuaian alat digitalisasi TFU, Pita Ukur dan HPHT dalam menentukan usia kehamilan pada ibu hamil trimester dua dan trimester tiga. Metode Penelitian : Pada penelitian ini digunakan metode penelitian yang bersifat observasi analitik dengan pendekatan (potong lintang) dan dianalisis dengan analisis “Uji Kesesuaian” untuk mengetahui seberapa besar metode baru (alat digitalisasi TFU) memiliki kesesuaian dengan pita ukur menggunakan uji kesesuaian kappa

Hasil: Berdasarkan  hasil analisis statistik untuk menguji hipotesis, dapat diketahui bahwa kesesuaian (menggunakan uji kappa) alat digitalisasi TFU dan HPHT sebesar 0.83, uji kesesuaian alat digitalisasi TFU dan pita ukur 0.93, uji kesesuaian pita ukur dan HPHT sebesar 0.76.

Kesimpulan: Alat digitalisasi TFU dapat digunakan untuk menentukan usia kehamilan pada ibu hamil trimester II dan trimester III  tanpa harus diketahui HPHT dan Penulis menyarakan agar dapat mengembangkan alat digitalisasi TFU sebagai alat tepat guna dengan melakukan penelitian lebih mendalam menggunakan uji diagnostik oleh peneliti selanjutnya.


Keywords


Tinggi Fundus Uteri; Alat digitalisasi TFU; Pita Ukur; usia kehamilan dan hari pertama haid terakhir (HPHT)

Full Text:

PDF

References


Andika R A M, Utami F P. Proposal Proyek Profesional Kebidanan. Prodi Magister Terapan Kebidanan STIKes Dharma Husada. Bandung. 2017.

Bainuan L D. Uji Diagnostik Tokodinammeter dalam mengukur kontrasksi uterus kala I Fase Aktif pada ibu bersalin. Program Pasca Sarjana Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. Bandung. 2017.

Cunningham, G. Obstetri William Vol. 1. Jakarta: EGC, 2006

Dahlan, M Sopiyudin. Besar sampel dan cara pengambilan sampel dalam penelitian kedokteran dan kesehatan. Jakarta : Salemba Medika, 2009

Hani U, Kusbandiyah J, Marjati, Yulifah R. Asuhan Kebidanan pada Kehamilan Fisiologis. Cetakan Ketiga. Jakarta: Salemba Medika, 2011.

Hanafiah, M.J. Haid dan siklusnya. In: Wiknjosastro, H ed. Ilmu Kandungan Edisi Kedua Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawihardjo. 2009.

Indreswari M, Hardinsyah, Damanik. Hubungan antara intensitas pemeriksaan kehamilan, fasilitas pelayanan kesehatan dan konsumsi tablet besi dengan tingkat keluhan selama kehamilan. Jurnal gizi dan pangan. 2008;3(1)12-21.

Kimberly Butt, MD, Fredericton NB, Ken Lim et al. Determination of gestational age by ultrasound. J obstet Gynaecol Can. 2014;36(2):171-181

Kamil M. Perkembangan koagulopati sebagai indikator prognosis pada cedera kepala dengan gambaran ct scan diffuse injury. Fakultas kedokteran Universitas diponegoro. 2008.

Muhammad A, Nurulita N A, Budiman A. Uji sensittivitas antibiotik terhadap bakteri penyebab infeksi saluran kemih pada pasien rawat inap di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwekerto. Pharmacy journal. 2017;14(2):247-263

Mufdillah. Panduan Asuhan Kebidanan ibu hamil. Yogyakarta: Nuha Medika, 2009

Mandriwati. Asuhan Kebidanan Kehamilan. Jakarta: EGC, 2007

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi Cetakan Pertama. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Nagtalia A. Gambaran pelaksanaan penentuan usia kehamilan dan taksiran tanggal persalinan oleh bidan pada ibu hamil di Puskesmas Helvetia. Universitas Sumatera Utara. 2013.

Noerjanto R P B, Savitri Y, Putri M C. Sensitivitas, Spesifisitas dan akurasi pengukuran mental indeks pada radiografi panoramik wanita pascamenopause. Dentomaxillofacial radiology dental journal.2014;5(1):8-13

Rismalinda. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Kehamilan. Cetakan Pertama. Jakarta: CV. Trans Info Media, 2015.

Rukiyah A Y, Yulianti L, Maemunah, et al. Diktat Kuliah Asuhan Kebidanan I (Kehamilan). Cetakan Pertama. Jakarta: CV. Trans Info Media, 2009.

Ryckman KK, Berberich SL, Dagle JM. Predicting gestational age using neonatal metabolic markers. Am J Obstet Gynecol. 2016;214:515.e1-13.

Soekersi H, Rafiqah E. Uji diagnostik ultrasonography Gray Scale dibandingkan dengan hispatologi pada karsinoma payudara tipe invasif di RSUP Dr. Hasan Sadikin, Bandung. Indonesian J Of Cancer. 2016;10(3):87-92

Satari M H, Wirakusumah F F. Konsistensi Penelitian Dalam Bidang Kesehatan. Cetakan Kesatu. Bandung: PT Refika Aditama, 2011.

Saifuddin A B, Adriaansz G, Wikknjosastro G H, et al. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Edisi Pertama Cetakan Kelima. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo, 2009.

Yuliani D R, Musdalifah U, Suparmi. Buku Ajar Aplikasi Asuhan Kehamilan Ter-Update. Cetakan pertama. Jakarta: CV. Trans Info Medika, 2017




DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v14i4.247

Article Metrics

Abstract view : 1987 View
PDF - 227 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar