HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOSEN MAHASISWA KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN AKTUALISASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI JURUSAN ORTOTIK PROSTETIK POLTEKKES SURAKARTA

Ananta Novan Zubaidi, Nunuk Suryani, Ari Natalia Probandari

Abstract


Latar Belakang : Rendahnya motivasi belajar siswa dituding sebagai penyebab rendahnya kualitas lulusan sebuah pendidikan. faktor motivasi menjadi dilematis, karena dengan rendahnya motivasi belajar, sebenarnya tidak mungkin mahasiswa dapat menguasai bahan pembelajaran dengan baik, namun harus diluluskan demi kelangsungan institusi pendidikan tersebut. Hal ini menjadi relevan, karena secara tidak langsung didukung oleh kebanyakan mahasiswa yang tujuan utamanya dalam mengikuti belajar hanya sekedar untuk memperoleh ijazah saja dan bukan untuk ilmu pengetahuannya. 

Subjek dan Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif observasional analitik dengan rancangan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Lokasi penelitian di jurusan Ortotik Prostetik Poltekkes Surakarta. Dengan sampel mahasiswa mahasiswa jurusan Ortotik Prostetik Poltekkes Surakarta tahun 2015/2016 sebanyak 60 mahasiswa dengan variabel dependen adalah motivasi belajar dan variabel independen komunikasi interpersornal dosen-mahasiswa, keaktifan organisasi dan aktualisasi diri, dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner dan studi pustaka. Analisis data menggunakan regresi linear.

Hasil : Terdapat hubungan positif yang secara statistik signifikan antara komunikasi interpersonal dosen-mahasiswa dengan motivasi belajar mahasiswa diperoleh nilai t hitung 3,36 dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Terdapat hubungan positif yang secara statistik signifikan antara keaktifan organisasi dengan motivasi belajar mahasiswa diperoleh nilai t hitung 2,24 dengan signifikansi 0,029 < 0,05. Terdapat hubungan positif dan secara statistik signifikan antara aktualisasi diri dengan motivasi belajar mahasiswa diperoleh nilai t hitung 2,19 dengan signifikansi 0,033 < 0,05 Komunikasi interpersonal, keaktifan organisasi, dan aktualisasi diri mempunyai hubungan yang positif dan secara satistif signifikan ketika bersama-sama dengan motivasi belajar mahasiswa Ortotik Prostetik (OP) Poltekkes Surakarta dengan nilai F hitung sebesar 7,94 dengan p value 0,000 < 0,05.

Kesimpulan : Komunikasi interpersonal, keaktifan organisasi, dan aktualisasi diri secara bersama-sama mempunyai hubungan yang positif dengan motivasi belajar mahasiswa Ortotik Prostetik (OP) Poltekkes Surakarta.


Keywords


Komunikasi Interpersonal, Keaktifan Organisasi, Aktualisasi Diri, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v13i1.238

Article Metrics

Abstract view : 644 View
PDF - 464 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ananta Novan Zubaidi, Nunuk Suryani, Ari Natalia Probandari

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar