HUBUNGAN PENDIDIKAN IBU, PENGETAHUAN TENTANG GIZI IBU HAMIL DAN LUAS PENAMPANG PLASENTA DENGAN BERAT JANIN DI RSIA ARVITA BUNDA SLEMAN YOGYAKARTA

Maratusholikhah Nurtyas, Bhisma Murti, Hari Wudjoso

Abstract


Latar Belakang: Kehamilan merupakan merupakan masa pembentukan individu pertama kali yang dipengaruhi banyak faktor, antara lain pendidikan, pendapatan dan gizi. Pendidikan berpengaruh ke pengetahuan ibu dan pola konsumsi. Gizi yang didapatkan dari asupan makan ibu selanjutnya ditransver ke janin melalui plasenta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi berat janin, yaitu pendidikan ibu, pengetahuan tentang gizi ibu hamil, pendapatan keluarga dan luas penampang plasenta plasenta.

Subyek dan Metode: Penelitian ini menggunakan desain observasional metode corelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di RSIA Arvita Bunda Depok Sleman Yogyakarta pada 20 November – 20 Desember 2016. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria inklusi ibu dan janin dalam keadaan normal serta sisi maternal plasenta berada di bagian anterior. Subjek penelitian berjumlah 48 ibu hamil. Variabel independen adalah pendidikan ibu, pengetahuan tentang gizi ibu hamil, pendapatan keluarga dan luas penampang plasenta, sedangkan dependen adalah berat janin. Data primer didapatkan dari tes sederhana pengetahuan dan hasil Ultrasonografi berupa luas penampang plasenta plasenta dan berat janin. Instrumen yang digunakan adalah tes sederhana untuk pengetahuan yang telah diuji validitas dan reliabilitas serta master tabel. Penelitian ini menggunakan regresi logistik untuk menganalisis data.

Hasil: Luas penampang plasenta lebih berhubungan terhadap berat janin sebanyak 4,49 kali lipat dibandingkan dengan pendidikan ibu (OR 2,87), pengetahuan tentang gizi ibu hamil (OR 1,21) dan pendapatan keluarga (OR 1,32). Nilai Nagelkerke R214,20%, sehingga terdapat 87,70% faktor lain di luar model.

Kesimpulan: Ada hubungan antara  pendidikan ibu, pengetahuan tentang gizi ibu hamil, pendapatan keluarga dan luas penampang plasenta dengan berat janin.

 

Kata Kunci : pendidikan ibu, pengetahuan, pendapatan keluarga, luas penampang plasenta, berat  janin


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v12i3.216

Article Metrics

Abstract view : 128 View
PDF - 74 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Maratusholikhah Nurtyas, Bhisma Murti, Hari Wudjoso

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar