HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI RW 9 KELURAHAN SOROSUTAN KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA

Ima Rigina Dosantos N, Lala Budi Fitriana

Abstract


Latar Belakang: Jumlah penderita DBD di Kota Jogyakarta pada tahun 2014 sebanyak 418 orang, 3 orang diantaranya meninggal (CFR 0,72%) (Dinkes Jogja, 2015). Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan keluarga dengan perilaku keluarga tentang pencegahan DBD maka itu diperlukan pengetahaun tentang pencegahn DBD karena pengetahuan dapat mempengaruhi terbentuknya perilaku seseorang, dan berkaitan langsung dengan sakit, penyakit dan sistem pelayanan kesehatan.

Tujuan: Mengetahui hubungan pengetahuan keluarga dengan perilaku pencegahan DBD  pada masyarakat di RW 9 Kelurahan Sorosutan Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta.

Metode : Jenis penelitian adalah analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling dengan menggunakan metode Simple Radom Sanpling dengan jumlah sampel sebanyak 79 orang. Alat pengumpulan data yaitu kuesioner. Analisa data dalam penelitian ini adalah menggunakan Chi-Square.

Hasil: Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan keluarga tentang pencegahan DBD dengan perilaku keluarga tentang pencegahan DBD dengan p-value 0,004 < 0,05.

Kesimpulan:  Sebagian besar pengetahuan keluarga tentang tentang pencegahan DBD adalah baik yaitu sebanyak 42 orang (53,2%), dan perilaku keluarga tentang pencegahan DBD adalah baik yaitu sebanyak47 orang (59,5%).


Keywords


Pengetahuan Keluarga; Perilaku Keluarga; Pencegahan DBD

Full Text:

PDF

References


Efendi, Ferry dan Makhfudli. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktek dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hastuti, Oktri. (2008). Demam Berdarah Dengue: Penyakit dan CarPencegahannya. Jakarta: Kanisius (Anggota IKAPI)

Maglaya, et al. (2009). Nursing Practice In The Community Fifth Edition. Marikina City. Argonauta Corporation.

Markus,SE.(2016).Internet.http://digilib.stikeskusumahusada.ac.id/files/disk1/29/01-gdl-markusseni-1421-1-markuss-).pdf. Hubungan Antara Pengetahuan dengan Perilaku Pencegahan Malaria di Wilayah Kerja UPTD Kesehatan Kec. Nangapenda Kab. Ende Flores Nusa Tenggara Timur. di akses pada tanggal 29 Mei 2017.

Maulana, Heri, D. (2007). Promosi Kesehatan. Jakarta: EGC

Mubarak, W.Iqba, dkk. (2007). Promosi Kesehatan: Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Notoatmodjo, (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan: Cet. Ke 2. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo, (2007). Promosi Kesehatan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo. (2010). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

UNRIYO. (2015). Buku Panduan Akademik Unversitas Respati Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v14i3.215

Article Metrics

Abstract view : 619 View
PDF - 237 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar