PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PENERIMAAN LANSIA DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN FISIK DAN PSIKOSOSIAL DI DUSUN SAMPANGAN WIROKERTEN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Setyo Mahanani Nugroho, Listia Dwi Febriati

Abstract


Latar Belakang : Pada waktu seseorang memasuki masa lanjut usia, terjadi berbagai perubahan baik yang bersifat fisik, mental, maupun sosial. Perubahan yang bersifat fisik antara lain adalah penurunan kekuatan fisik, stamina dan penampilan. Ditambah dengan kurangnya penyesuaian diri lansia terhadap semua perubahan yang terjadi. Hal ini dapat menyebabkan beberapa orang menjadi depresif atau merasa tidak senang saat memasuki masa usia lanjut. Kurangnya dukungan keluarga dikhawatirkan dapat memperburuk keadaan psikis lansia. Penelitian ini penting dilakukan karena terkadang masih kurangnya pengaruh dukungan dari keluarga kepada lansia.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh dukungan keluarga terhadap penerimaan lansiadalam menghadapi perubahan fisik dan psikososial di dusun Sampangan Wirokerten Banguntapan Bantul Yogyakarta.

Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam 7 responden dan 2 informan kunci. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif Miles and Hubermanyang terdiri dari 4 langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan analisis data berupa penarikan kesimpulan atau verifikasi data.

Hasil: Perubahan Fisik yang sering terjadi pada lansia yaitu munculnya Asam Urat, hipertensi, cepat lelah. Selain keluhan tersebut antara lain katarak dan sesak nafas. Perubahan Psikis adalah mudah sensitive dan mudah marah. Semua lansia menerima perubahan yang terjadi. Dukungan keluarga berupa dukungan informasi, dukungan instrumental.

Kesimpulan : Terdapat pengaruh dukungan keluarga dengan penerimaan lansia dalam menghadapi perubahan fisik dan psikososial.

Kata Kunci : Dukungan keluarga, Penerimaan lansia, Perubahan Fisik, Psikososial


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v14i1.213

Article Metrics

Abstract view : 903 View
PDF - 681 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Setyo Mahanani Nugroho, Listia Dwi Febriati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar