IDENTIFIKASI KELENGKAPAN REKAM MEDIS PASIEN HYPERPLASIA OF PROSTATE DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

Nugraheni Dian Pratiwi, Ahmad Ahid Mudayana

Abstract


Latar Belakang : di rumah sakit PKU Muhammadiyah Bantul masih sering ditemukan kekurangan kelengkapan pengisian dokumen rekam medis.

Tujuan : Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi kelengkapan dokumen pengisian dan menghitung jumlah kelengkapan pengisian dokumen rekam medis rawat inap pasien kasus hyperplasia of prostate pada tahun 2017 di rumah sakit PKU Muhammadiyah Bantul.

Metode : Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang dokter spesialis urologi, 2 orang petugas rekam medis dan 1 orang kepala bagian rekam medis. Obyek penelitian ini yaitu berkas rekam medis pasien hyperplasia of prostate yang berjumlah 263 berkas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara.

Hasil : Rekapitulasi kelengkapan pada identitas pasien untuk nomor rekam medis sebesar 100% dan nama pasien sebesar 100%. Pada laporan penting kelengkapan paling tinggi pada item tanggal masuk dan tanggal keluar sebesar 100% dan paling rendah pada item saran sebesar 2,29%. Pada autentifikasi kelengkapan pada nama dokter/perawat sebesar 97,71% dan tanda tangan sebesar 100%. Review pencatatan penting dan pendokumentasian yang benar sebesar 98,86%, nilai ketidaklengkapan DMR sebesar 93,91% dan nilai ketidaklengkapan IMR sebesar 98,47%.

Kesimpulan : Faktor-faktor yang menyebabkan ketidaklengkapan pengisian berkas rekam medis adalah karena keterbatasan waktu dan ketidakdisiplinan petugas.


Keywords


Rekam Medis; Hyperplasia of Prostate; Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Budi, S.C. 2011, Manajemen Unit Kerja Rekam Medis, Bantul : Quantum Sinergis Medis.

Depkes RI. 2008. Peraturan Menteri Kesehatan No.269/MENKES/PER/III/2008 tentang Rekam Medis. Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. 2006. Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia Revisi II. Jakarta.

Fitriana, Mudayana, A., A, 2014, “Analisis Pengisian Berkas Rekam Medis Pasien Urologi Di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta”. Skripsi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Hastuti, F., Sri, S., dan Riyoko. (2011) . analisis Kuantitatif Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Inap dengan Kasus Persalinan Di Rumah Sakit Slamet Riyadi Surakarta Triwulan II Tahun 2011. Skripsi, Stikes Mitra Husada Karangganyar

Menkes RI. 2008. Peraturan Menteri Kesehatan RI No.129/MENKES/SK/II/2008 tentang Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta.

Notoatmojo, S. 2012. Metode Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta. Jakarta.

Novirianti. 2018. Analisis Pengisian Berkas Rekam Medis Rawat Inap Pasien Penyakit Dalam Di RSUD Prambanan. Skripsi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Rustiyanto, Ery. 2009. Etika Profesi Perekam Medis & Informasi Kesehatan, Graha Ilmu, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v14i3.204

Article Metrics

Abstract view : 1972 View
PDF - 476 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar