POTENSI MINYAK ATSIRI RATUS VAGINA DENGAN KOMBINASI LENGKUAS MERAH (ALPINIA PURPURATA K. SCHUM), KAYU MANIS (CINNAMOMUM BURMANII BLUME) DAN DAUN SIRIH HIJAU ( PIPER BETTLE L) SEBAGAI ANTIFUNGI TERHADAP CANDIDA ALBICANS SECARA IN VITRO

Resmi Aini, Ana Mardiyaningsih

Abstract


ABSTRAK

            Keputihan dapat disebabkan oleh infeksi jamur salah satunya adalah Candida albicans. Cara tradisional yang digunakan masyarakat adalah perawatan dengan Ratus vagina. Tanaman rempah- rempah yang berfungsi sebagai antifungi adalah minyak atsiri Lengkuas Merah (Alpinia purpurata K. Schum), kayu Manis (Cinnamomum burmanii Blume dn) dan daun Sirih Hijau ( Piper bettle L ) .

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ratus vagina dengan kombinasi lengkuas merah (Alpinia purpurata K. shum), kayu Manis (Cinnamomum burmanii Blume dn daun Sirih Hijau (Piper bettle) sebagai antifungi terhadap Candida albicans ATCC 10231. Penelitian ratus vagina dilakukan dengan membuat kombinasi yang sama yaitu Lengkuas Merah (Alpinia purpurata K. Schum), kayu Manis (Cinnamomum burmanii Blume dn), daun Sirih Hijau (Piper bettle L) dengan seri  konsentrasi 12,5%, 25% dan 50% dan destilasi air diperoleh minyak atsiri 0,57 % b/v. Uji aktivitas antifungi dilakukan dengan dua kelompok kontrol dan lima  kelompok perlakuan. Kelompok kontrol yaitu Nystatin (kontrol positif), aquades steril (kontrol negatif), minyak atsiri ratus vagina konsentrasi 12,5%, 25% dan 50% dengan menggunakan metode difusi sumuran dan diamati diameter zona hambah.

Hasil : Dari pengujian minyak atsiri ratus dengan 3 kombilasi  pada konsenstrasi 12,5%; 25%  dan 50 % menunjukkan  hasil rata-rata diameter zona hambat adalah 20,28 mm; 25.95 mm dan 29.72 mm serta kontrol positif (Nystatin); 14,95 mm sedangkan kontrol Negatif tidak menghasilkan  diameter zona hambat.

Kesimpulan : Minyak atsiri ratus vagina dengan 3 kombinasi Lengkuas Merah (Alpinia purpurata K. schum),kayu Manis (Cinnamomum burmanii Blume) dan Daun Sirih Hijau (Piper bettle L)    memiliki daya hambat sangat kuat terhadap pertumbuhan jamur Candida albican

 

Kata kunci : Ratus vagina, Candida albicans.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v13i4.197

Article Metrics

Abstract view : 1604 View
PDF - 952 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Resmi Aini, Ana Mardiyaningsih

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar