HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN PENGETAHUAN BIDAN DENGAN KEPATUHAN BIDAN TERHADAP PENCEGAHAN INFEKSI DI BPM WILAYAH SLEMAN YOGYAKARTA

Casnuri Casnuri

Abstract


Latar belakang: Infeksi merupakan salah satu penyebab Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi di Indonesia. Tindakan pencegahan infeksi (PI) harus diterapkan dalam setiap aspek asuhan persalinan dan kelahiran bayi untuk melindungi ibu, bayi baru lahir, keluarga, penolong persalinan dan tenaga kesehatan lainnya dengan jalan menghindarkan transmisi penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur. Juga upaya-upaya untuk menurunkan risiko terjangkit atau terinfeksi oleh mikroorganisme yang menimbulkan penyakit-penyakit yang hingga kini belum ditemukan cara pengobatannya, misalnya Hepatitis dan HIV/AIDS2.

Tindakan pencegahan infeksi merupakan bagian esensial dari asuhan lengkap yang diberikan kepada ibu dan bayi baru lahir yang dilaksanakan secara rutin pada saat menolong persalinan dan kelahiran. Bidan sebagai ujung tombak layanan kebidanan di masyarakat bertanggung jawab mencegah penularan infeksi baik pada diri sendiri maupun oranglain saat melakukan pertolongan persalinan.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Cross Sectional. Populasi dan sampel penelitian ini adalah bidan di wilayah Sleman DIY bagian timur sebanyak 12 bidan. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan analisis univariat (distribusi frekuensi, analisis bivariat (uji kai kuadrat)

Hasil Penelitian: Hasil analisis diperoleh bahwa kepatuhan bidan dalam pencegahan infeksi sebanyak 60%, sebagian besar bidan berpendidikan diploma III (96,7%), usia sebagian besar termasuk usia produktif (60%), pengetahuan rendah (73,3%), bidan yang memiliki pengalaman kerja lebih dari 5 tahun sebanyak (96,7%). Tidak terdapat hubungan antara usia, pendidikan dan pengalaman kerja dengan kepatuhan serta terdapat hubungan antara pengetahuan dan kepatuhan.

 

Kata kunci : Karakteristik, Pengetahuan, Kepatuhan, Pencegahan Infeksi, Bidan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v13i2.171

Article Metrics

Abstract view : 264 View
PDF - 118 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Casnuri Casnuri

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar