EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG HIV-AIDS PADA IBU RUMAH TANGGA PESERTA ARISAN DI PERUM KORPRI UPN SAMBIROTO PURWOMARTANI SLEMAN YOGYAKARTA 2017

Rodiyah Soekardi, Utari Marlinawati

Abstract


Latar Belakang: Kasus HIV-AIDS  dari waktu ke waktu terus meningkat dan penderitanya semakin variatif.  Berdasarkan laporan triwulan I tahun 2015 Komisi Penanggulangan HIV-AIDS Yogyakarta  akumulasi kasus HIV dan AIDS di Yogyakarta   hingga Maret 2015 adalah 3106 kasus, dengan perincian 1875 kasus HIV dan 1231 kasus AIDS dan tertinggi terdapat di Sleman, yaitu  total 717 kasus dengan perincian 417 pengidap HIV dan 300 kasus AIDS.

Tujuan Penelitian: untuk mengetahui efektivitas pendidikan kesehatan tentang HIV-AIDS terhadap peningkatan pengetahuan tentang HIV-AIDS ibu-ibu peserta  arisan di Perum Korpri UPN Purwomartani.

Metode: Penelitian  ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan one group pretest  dan posttest. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah responden 22 orang yang diberi penyuluhan tentang HIV-AIDS.

Kesimpulan: Pendidikan kesehatan tentang HIV-AIDS efektif untuk meningkatkan pengetahuan ibu rumah tangga peserta arisan di Perum Korpri UPN tentang HIV-AIDS (pv=0,002)

Saran:    Perlu sosialisasi tentang HIV-AIDS secara lebih masif dan berkelanjutan melalui pendidikan kesehatan, perlu ada penyampaian lebih mendetail tentang fungsi kondom sebagai alat pelindung diri terhadap penyakit menular seksual khususnya HIV-AIDS’, perlu ada penelitian mengenai perilaku masyarakat terhadap upaya pencegahan HIV-AIDS.

 

 Kata kunci: pengetahuan, HIV-AIDS, pendidikan, kesehatan          

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v13i1.123

Article Metrics

Abstract view : 235 View
PDF - 69 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar