PERILAKU BULLYING DENGAN TINGKAT STRES PADA REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.35842/mr.v19i4.1205Keywords:
bullying, remaja, stresAbstract
Latar belakang: Masa remaja merupakan periode penting dalam siklus pertumbuhan dan perkembangan manusia di mana individu mengalami transisi dari anak-anak ke dewasa. Salah satu jenis prilaku nefgatif yang terjadi pada remaja adalah Perilaku bullying adalah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap terjadinya stres. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku bullying dengan tingkat stres pada remaja kelas VIII SMP Ma'arif NU 1 Purwokerto. Â Metode :Â Desain penelitian cross-sectional berdasarkan pendekatan korelasional digunakan dalam penelitian ini. Sebanyak 136 siswa kelas VIII SMP Ma'arif NU 1 Purwokerto menjadi populasi penelitian ini yang dipilih melalui teknik total sampling. Kuesioner perilaku bullying dan tingkat stres digunakan dalam penelitian ini. Hasil: 66 responden (57,4%) mengalami perilaku bullying tingkat tinggi dan 38 responden (33,0%) mengalami tingkat stres sangat tinggi. Uji statistik Rank Spearman menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,188 dan nilai p-value sebesar 0,045 (<0,05), yang mengindikasikan adanya hubungan yang sangat lemah antara perilaku bullying dengan tingkat stres pada remaja kelas VIII di SMP Ma'arif NU 1 Purwokerto. Â Kesimpulan: Adanya hubungan perilaku bullying dengan tingkat stres remaja.
References
Agisyaputri, E., Nadhirah, N. A., & Saripah, I. (2023). Identifikasi Fenomena Perilaku Bullying pada Remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3, 19–30. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/201/152
Aminah, A., & Nurdiannah, F. (2021). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Siswa. Jurnal Eksplorasi Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–10. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/JEBK
Andriani, N., Elita, V., & Rahmalia, S. (2019). Hubungan Bentuk Prilaku Bullying Dengan Tingkat Stres Pada Remaja Korban Bullying. Program
Study Ilmu Keperawatan, 426–435.
Fatimatuzzahro, A. (2023). Efektivitas Terapi Empati untuk Menurunkan Perilaku.
Gusti, R. K., Saputera, M. D., & Chris, A. (2023). Gambaran Stres Secara Umum Pada Siswa/i Sma Di Jakarta. 03(01).
Junindra, A., Fitri, H., & Murni, I. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11134. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4204
Karim, A., Aunurrahman, A., Halida, H., & Ratnawati, R. E. (2023). Implementasi Landasan Pendidikan Dalam Mengoptimalkan Peran Guru Dan Manajemen Sekolah Dalam Mencegah Perilaku Bullying. Academy of Education Journal, 14(2), 1515–1534. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.2130
Khasanah, S. M. R., & Mamnuah. (2021). Tingkat Stres Berhubungan dengan Pencapaian Tugas Perkembangan pada Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(1), 107–116.
Musabiq, S., & Karimah, I. (2018). Gambaran Stress dan Dampaknya Pada Mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 74. https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i2.240
Nurhidayah, I., Aryanti, K. N., Suhendar, I., & Lukman, M. (2021). Hubungan Tekanan Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Remaja Awal. Journal of Nursing Care, 4(3), 175–183. https://doi.org/10.24198/jnc.v4i3.31566
Permata, J. T., & Nasution, F. Z. (2022). Perilaku Bullying Terhadap Teman Sebaya Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 614–620. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.83
Qurtubi, A. (2020). Perilaku Organisasi (T. Lestari (ed.)). CV. Jakad Media Publishing.
Ramdani, M. F. F., Putri, A. V. I. C., & Wisesa, P. A. D. (2022). Realitas Toxic Masculinity di Masyarakat. Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 2022, 230–235.
Riskinanti, K., & Lindawati, I. E. (2019). Studi Komparatif Persepsi Bullying antara Siswa Laki-laki dan Siswa Perempuan di SMA Kota Bekasi. Biopsikososial, 3(2), 127–153.
Sabrina, F. (2023). Perilaku Bully Berhubungan Dengan Stres Pada Remaja. 19570618.
Sulaiman, S., Nurmasyitah, N., Affan, M. H., & Khalisah, K. (2022). Peran Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Belajar Anak. Jurnal Pesona Dasar, 10(2), 16–27. https://doi.org/10.24815/pear.v10i2.28394
WHO. (2019). Adolescent Health.
Açık, D. Y., Suyani, E., Aygün, B., & Bankir, M. (2020). The Effect of Smoking on Hematological Parameters. Journal of Applied Psychology, 32(2), 150–158. https://doi.org/10.1037/h0059908