KECANDUAN GADGET DENGAN MASALAH EMOSI DAN PERILAKU PADA REMAJA

Authors

  • Faizah Afdalia Universitas Harapan Bangsa
  • Ririn Isma Sundari Universitas Harapan Bangsa
  • Arni Nur Arni Nur Rahmawati Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.35842/mr.v19i4.1198

Keywords:

kecanduan gadget, masalah emosi, perilaku

Abstract

Latar belakang: Gadget adalah salah satu jenis kemajuan teknologi yang sangat disukai. Remaja yang kecanduan perangkat elektronik akan asik dengan diri mereka sendiri, mengabaikan lingkungan sekitar, jam tidur, dan menurunkan prestasi akademik di sekolah. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara kecanduan gadget dengan masalah emosi dan perilaku pada remaja di MAN 1 Banyumas Tahun 2024. Metode :  Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain analitik dengan metode pendekatan cross-sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 230 responden diambil dengan cara teknik proportionate random sampling. Instrument pada penelitian ini menggunakan kuesioner yaitu kuesioner Smartphone Addiction Scale – Short Version (SAS-SV) dan kuesioner Strength and Difficulties Questionnaire (SDQ). Hasil: responden dengan mayoritas kecanduan gadget dengan kategori berat sebanyak 126 responden (54,8%) sedangkan responden dengan mayoritas masalah emosi dan perilaku normal sebanyak 113 responden (49,1%). Kesimpulan: terdapat hubungan antara kecanduan gadget dengan masalah emosi dan perilaku pada remaja di MAN 1 Banyumas.

References

Baderi, & Ekawati, D. (2020). Hubungan Gadget Addiction Terhadap Emosi Dan Perilaku Remaja (Studi di Kelas VIII SMPN 1 Peterongan). Insan Cendekia, 7(2), 114–120. https://digilib.stikesicme-jbg.ac.id/ojs/index.php/jic/article/view/755

Dhamayanti, M., Dwiwina, R. G., & Adawiyah, R. (2019). Influence of Adolescents ’ Smartphone Addiction on Mental and Emotional Development in West Java , Indonesia Pengaruh Kecanduan Gawai pada Perkembangan Mental dan Emosional Remaja di Jawa Barat , Indonesia. Majalah Kedokteran Bandung, 51(38), 46–52.

Esti, A., & Yolanda, M. (2022). Hubungan Penggunaan Gatged Terhadap Gangguan Emosi dan Prilaku Remaja di SMAN 1 Sumatera Barat. Ensiklopedia Education Review, 4(2), 80–91.

Fauzan, A., & Supratman, S. (2023). Gambaran Kejadian Insomnia pada Remaja Usia 12-16 Tahun yang Kecanduan Gadget. Malahayati Nursing Journal, 5(11), 3752–3767. https://doi.org/10.33024/mnj.v5i11.9867

Fauziah Fatah, V., Nursyamsiyah, N., Kamsatun, K., Ariyanti, M., & Susanti, S. (2022). Kecanduan Gadget Pada Remaja Pasca Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 14(2), 284–291. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v14i2.2131

Ferry, S., & Yuliani, W. (2021). Literature review hubungan kecanduan smartphone dengan gangguan emosional remaja. Borneo Student Research, 3(1), 2021.

Juliani, I. R., & Wulandari, I. S. M. (2022). Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget dengan Gangguan Emosi dan Perilaku Remaja Kelas 8. Jurnal Keperawatan BSI, 10(1), 30–40.

Kristanto, H. C., & Rahmad, N. (2023). Hubungan Kecanduan Gadget Dengan Kualitas Tidur Pelajar Sman 1 Baturetno.

Menkes. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2014.

Oktaviana, M., & Wimbarti, S. (2014). Validasi Klinik Strenghts and Difficulties Questionnaire (SDQ) sebagai Instrumen Skrining Gangguan Tingkah Laku. Jurnal Psikologi, 41(1), 101. https://doi.org/10.22146/jpsi.6961

Pratiwi, R. G., & Malwa, R. U. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Kecanduan Gadget terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Ilmiah Psyche, 15(2), 105–112. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v15i2.1550

Prayitno, E., Tarigan, N., Sukmawaty, W., & Mauidzoh, U. (2022). Gangguan Mental Emosional dan Depresi pada Remaja. Kebangkitan Umkm Pascapandemi Covid-19, 2(4), 4787–4794. https://www.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/3641/2684

Prizki, T. B. D., & Sari, S. P. (2020). Kecanduan Gadget pada Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Lahat. Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4938

Rizki, S. N., & Suryati, T. (2022). Hubungan Kecanduan Gadget Dengan Emosi Dan Perilaku Remaja Usia 10-19 Tahun. Buletin Kesehatan: Publikasi Ilmiah Bidang Kesehatan, 6(2), 187–195. https://doi.org/10.36971/keperawatan.v6i2.128

Simanjuntak, J., & Wulandari, I. S. M. (2022). Gangguan Emosi Dan Perilaku Remaja Akibat Kecanduan Gadget. Malahayati Nursing Journal, 4(4), 1057–1065. https://doi.org/10.33024/mnj.v4i4.6221

Susanti, Y., Pamela, E. M., & Haryanti, D. (2018). Gambaran perkembangan mental emosional pada remaja description of emotional mental development in adolescent. Nurse Roles in Providing Spiritual Care in Hospital, Academic and Community, 38–44.

Ulfa Suryani, & Yazia, V. (2023). Hubungan Kecanduan Gadget dengan Gangguan Emosi pada Remaja. Jurnal Keperawatan, 15(2), 517–524. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i2.862

Downloads

Published

2025-01-13

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)