HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERSEPSI REMAJA TENTANG HUBUNGAN SEKS PRANIKAH SISWA KELAS XI DI SMA N 1 DEPOK, SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2017

Hotni Sari Haloho, Masruroh Masruroh, Nonik Ayu Wantini

Abstract


Latar Belakang: Menurut survei demografi Indonesia, 2012 terjadi peningkatan hubungan seks pranikah remaja yang disebabkan kurangnya pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi remaja terutama tentang hubungan seks pranikah. Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMA N 1 Depok, wawancara 5 orang siswa kelas XI menyatakan bahwa seks pranikah itu merupakan perilaku melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Pandangan mereka terhadap sikap bergandengan tangan dengan lawan jenis saat pacaran adalah hal yang wajar.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan persepsi remaja tentang hubungan seks pranikah kelas XI di SMA  N 1 Depok.

Metode Penelitian:Penelitian dilaksanakan di SMA  N 1 Depok. Jenis dan rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian adalah siswa SMA N 1 Depok Kelas XI sejumlah 131 responden dengan pengambilan random sampling. Uji statistik yang digunakan univariat dan bivariat (Kendal tau).

Hasil: Diketahui sebagian besar (98,5%) responden memiliki pengetahuan baik tentang hubungan seks pranikah sebanyak 129 responden dan sebagian besar (55%) responden  memiliki persepsi yang negatif tentang hubungan seks pranikah sebanyak 72 responden. Dari hasil uji statistic Kendal Tau didapatkan nilai signifikan 0,150 dimana nilai signifikan 0,150 > 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak.

Kesimpulan: Tidak terdapat Hubungan Pengetahuan dengan Persepsi Remaja tentang Hubungan Seks Pranikah Kelas XI di SMA N 1 Depok,Yogyakarta tahun 2017.

Kata kunci: Pengetahuan, Persepsi, Hubungan Seks Pranikah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v12i4.95

Article Metrics

Abstract view : 184 View
PDF - 84 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar