PENGARUH MUTU PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN

Muhammad Al Rajab, Sultan Andilah

Abstract


Latar belakang: Kepuasan pelanggan mempunyai tempat tersendiri dan merupakan hal yang sangat penting untuk bertahannya suatu rumah sakit. Kepuasan akan terjadi apabila harapan dari pelanggan dapat terpenuhi oleh pelayanan yang diberikan rumah sakit untuk dapat memanfaatkan kembali layanan kesehatan.  Tujuan: untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan terhadap tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Bahtermas Tahun 2022. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan  bahteramas tahun 2021. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan cara Probability Sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober s/d November 2022. Teknik analisa data bivariat menggunakan Chi Square.  Hasil: Terdapat hubungan daya tanggap (Responsiveness) terhadap kepuasan pasien dengan nilai p sebesar 0.046. Terdapat hubungan bukti fisik (Tangible terhadap kepuasan pasien dengan nilai p sebesar 0.025. Terdapat hubungan Kehandalan (Reliability) terhadap kepuasan pasien dengan nilai p sebesar 0.016. Terdapat hubungan Asurance (Jaminan)  terhadap kepuasan pasien dengan nilai p sebesar 0.015. Tidak terdapat hubungan hubungan Empathy (Empati) terhadap kepuasan pasien dengan nilai p sebesar 0.185. Kesimpulan Terdapat hubungan daya tanggap (Responsiveness), bukti fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Asurance (Jaminan)  terhadap kepuasan pasien dan Tidak terdapat hubungan hubungan Empathy (Empati) terhadap kepuasan.


Keywords


Quality of Service; Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Amelia Tri Utami dkk. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien. (Studi Kasus Pasien Rawat Jalan di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Pusat Pendidikan Brigade Mobile Watukosek. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik).

Azwar. (2015). Pengantar Administrasi Kesehatan (Edisi 3).

Basri. (2020). Tinjauan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Rekam Medis di Pendaftaran Rumah Sakit Umum Anna Medika Madura. .

Berlianty A, N. (2013). Analisis Loyalitas Pasien Berdasarkan Kualitas Pelayanan di Instalasi Rawat Inap RS Bhayangkara Mappa Oudang Kota Makassar. Jurnal. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

Gesti Weningtyas. (2019). Negara Dengan Fasilitas Kesehatan Terbaik di Dunia. .

Gunawan. (2011). Kualitas Layanan dan Loyalitas Pasien (Studi pada Rumah Sakit Umum Swasta di Kota Singaraja–Bali). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan .

Hardi J. (2010). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Umum Dan Pasien Jamkesmas Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap di RSUD Pasaman Barat Tahun 2010. Tesis. Padang: Program Pascasarjana Universitas Andalas Padang.

Hidayat, R. (2017). Hak Atas derajat pelayanan kesehatan yang optimal. Syariah: Jurnal Hukum Dan Pemikiran.

Indonesia. (1945). UUD 1945 No. pasal 28 H Ayat 1 .

Kurniati. (2013). Kepuasan Pasien Rawat Inap Lontara Kelas III Terhadap Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo .

Nurhakiki Hasibuan. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Dokter Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Londut Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jurnal Rekam Medic.

Puspitasari MG. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Dengan Mediasi Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Keluarga Sehat Hospital Pati. . Jurnal Analisis Manajemen .

Ratna Purwaningrum. (2018). Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung. Ejornal.Malahayati.

RSU Bahteramas. (2021). Profil RSU Bahteramas.

Sihite, E. K. S. (2020). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Doloksanggul (Studi Kasus Rumah Sakit Umum Doloksanggul).

Tarigan AM. (2018). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RS Advent Medan. Ejournal.Helvetia.Ac.Id. .

Tjiptono F. (2012). Manajemen Jasa.

Trimumpuni I. (2009). Analisis Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan dengan Miant Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Pandanaran Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Undang – Undang No. 36 tahun. (2015). Undang – Undang Dasar Republik Indonesia NO. 36 tahun. 2015. Kesehatan.




DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v18i1.850

Article Metrics

Abstract view : 1473 View
PDF - 633 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar