KUALITAS HIDUP (QUALITY OF LIFE) PADA MAHASISWA PROFESI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN

Authors

  • Mohamad Faisal Nurjaman Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
  • Fransisca Sri Susilaningsih Departemen Keperawatan Dasar, Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
  • Ryan Hara Permana Departemen Keperawatan Dasar, Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.35842/mr.v18i1.845

Keywords:

Nurse professional students, Quality of life, WHOQOL-BREF

Abstract

Latar belakang: Mahasiswa profesi ketika menjalankan praktik klinik terdapat permasalahan yang terjadi diantaranya penurunan konsentrasi dan perhatian yang dikarenakan rasa kantuk yang muncul pada siang hari. Konsentrasi yang menurun yang berdampak pada tidak tercapainya target akademik dan tidak optimal dalam mengerjakan tugas sehingga mempengaruhi nilai akademik mahasiswa. Dari permasalahan ini kualitas hidup mahasiswa profesi akan terpengaruhi. Tujuan: untuk mengetahui Kualitas Hidup (Quality Of Life)Pada Mahasiswa Profesi Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Metode: Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan instrumen WHOQOL-BREF dengan uji valid (r= 0.98-0.95) dan reliable (R= 0.66-0.87). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS tipe 24. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling seluruh Mahasiswa Profesi Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran, dengan jumlah populasi sebanyak 226 orang. Hasil: kualitas hidup secara umum Mahasiswa Profesi Ners angkatan 38 dan 39 berada dalam kategori baik dengan kesehatan fisik berada dalam kategori baik 64,6%, kesehatan psikologis berada dalam kategori baik 61,9%, kemudian hubungan sosial berada dalam kategori baik 69,5%, dan kesehatan lingkungan berada dalam kategori baik 65,0%. Dimana kesehatan hubungan sosial menjadi domain yang paling berpengaruh pada kualitas hidup mahasiswa profesi ners angkatan 38 dan 39. Kesimpulan: mayoritas mahasiswa dapat menjaga kesehatannya baik secara fisik, psikologis, hubungan sosial dan lingkungan sehingga memiliki kualitas hidup yang baik.

References

Afiyanti, Y. (2010). Analisis konsep kualitas hidup. Jurnal Keperawatan Indonesia, 13(2), 81-86.
Anbarasan, S. S. (2015). Gambaran kualitas hidup lansia dengan hipertensi di wilayah kerja puskesmas rendang pada periode 27 februari sampai 14 maret 2015. Intisari Sains Medis, 4(1), 113-124.
Arikunto, S, Suhardjono & Supardi. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Bambangsafira, D., & Nuraini, T. (2017). Kejadian Excessive Daytime Sleepiness (EDS) dan kualitas tidur pada mahasiswa kesehatan. Jurnal Keperawatan Indonesia,20(2), 94-101.
Billington, D., dkk. (2010). The New Zealand World Health Organization Quality of Life (WHOQOL) Group. Journal of the New Zealand Medical Association. Vol.123
Desima, R. 2013. Tingkat stres kerja perawat dengan perilaku caring perawat.
Desouky EM, Lawend JA, Awed HAE. Relationship Between Quality of Sleep and Academic Performance among Female Nursing Students. IOSR Journal of Nursing and Health Science (IOSR-JNHS) e-ISSN: 2320- 1959.p-ISSN: 230- 1940 Volume 4, Issue 4 Ver. VI, 2015 Undang-Undang Republik Indonesia No.
38 Tahun 2014 tentang Keperawatan.
Dewantri, A. R., & Utami, R. S. (2016). Gambaran Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Profesi Ners Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Diponegoro Dan Stikes Ngudi Waluyo Semarang (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine).
Ekasari, N. (2013). Hubungan Antara Pengungkapan Diri (self-disclosure) Melalui Blackberry Messenger Dan Kualitas Hidup (Quality Of Life) Pada Remaja. CALYPTRA, 2(2), 1-
11.https://www.google.com/url?q=http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/art icle/view/787&sa=D&ust=1586407731478000&usg=AFQjCNE0rIFSwr1MSL ulYFhhRuvZfasxIg
, FM, NM Riasmini, and T. Hartini. 2018. Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia.
Malang: Wineka Media
Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan.
Hardani, H. (2016). Stres Kerja, Kepuasan Kerja Dengan Kualitas Hidup Perawat Icu Di Rs Tipe B. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 1(3), 113-120. Khuzaini, K. (2018). Analisis Evaluasi Lulusan Dan Persepsi Lingkungan Terhadap Minat Mahasiswa Dengan Persepsi Pribadi Sebagai Variabel Moderating Pada Pendidikan Profesi Akuntansi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 14(3),
288-304.
Koesmanto, S. Dalam Novandri, D.R. (2013). Hubungan Peran Keluarga Dengan Kualitas Hidup Lansia yang Mengalami Gangguan Fungsi Kognitif di Desa Windunegara Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Skripsi Universitas Jenderal Soedirman.
Krägeloh, C. U., Henning, M., Hawken, S. J., Zhao, Y., Shepherd, D., & Billington, R. (2011). Validation of the WHOQOL-BREF quality of life questionnaire for use with medical students.
Locken T, Norberg H. Reduced anxiety improves learning ability of nursing students through utilization of mentoring triads. College of Nursing Brigham Young University Provo, Utah 2016
Nofitri. (2009). Kualitas Hidup Penduduk Dewasa di Jakarta . Jakarta.
Nurdin, M. A., Arsin, A. A., & Thaha, R. M. (2018). Kualitas hidup penderita insomnia pada mahasiswa. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin, 14(2), 128-138.Rohmah, A. I. N., & Bariyah, K. (2015). Kualitas hidup lanjut usia. Jurnal keperawatan, 3(2).
Ramadhani, F. P., & Dewi, E. (2017). Hubungan Antara Kompetensi Akademik Mahasiswa Dengan Tingkat Kecemasan Ketika Melakukan Praktek Klinik Keperawatan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rohmah, A. I. N., & Bariyah, K. (2015). Kualitas hidup lanjut usia. Jurnal keperawatan, 3(2).
Rosdiana, Y. (2019). Hubungan Kecemasan Dengan Mekanisme Koping Mahasiswa Dalam Melaksanakan Praktik Profesi Ners Departemen Jiwa Di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Jurnal Keperawatan Florence, 3(2).
Sekarwiri E. (2008). Hubungan antara Kualitas Hidup dan Sense of Community pada Warga DKI Jakarta yang Tinggal di Daerah Rawan Banjir .Universitas Indonesia
Stamm, B.H. 2010. Helping the helpers: compassion satisfaction and compassion fatigue in self-care, management, and policy of suicide prevention hotlines. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/266284945_Helping_the_HelpersHelp ing_the_Helpers_Compassion_Satisfaction_and_Compassion_Fatigue_in_Self Care_Management_and_Policy_of_Suicide_Prevention_Hotlines
Swarjana, I. K. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: ANDI. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilowati, T., & Sari, I. M. (2014). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya (Peer Group) Dengan Minat Mahasiswa Mengikuti Program Profesi Ners Di Stikes Aisyiyah Surakarta. Gaster, 11(2), 7-15.
Tanasia, A. (2018). Perbandingan kualitas hidup pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan tahap akademik dan profesi= Comparison of quality of life on preclinical and clinical Medical Students In Pelita Harapan University (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan).
Wahyuni, L. T. (2018). Hubungan Stres dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Profesi Keperawatan STIKes Ranah Minang Padang Tahun 2016. Menara Ilmu, 12(3).
Wardhani, Vini. (2006). Gambaran Kualitas Hidup Dewasa Muda Berstatus Lajang melalui Adaptasi Instrumen WHOQOL-BREF dan SRPB. Thesis. Depok: Pascasarjana Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Zhang Y, Qu B, Lun S, Wang D, Guo Y, et al. (2012) Quality of Life of Medical Students in China: A Study Using the WHOQOL-BREF. PLoS ONE 7(11): e49714. doi:10.1371/journal.pone.004971.

Downloads

Published

2023-02-28

Issue

Section

Artikel