PENGARUH TEKNIK HYPNOTHERAPY PART THERAPY TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA KEBIDANAN

Dewi Nurlaela Sari, Yanyan Mulyani, Antri Ariani

Abstract


Latar belakang: Prokrastinasi akademik atau perbuatan menunda tugas pembelajaran merupakan salah satu masalah yang terjadi pada mahasiswa selama proses pendidikan. Hal tersebut pada umumnya meningkat pada akhir masa studi yaitu pada proses penyusunan tugas akhir. Data menunjukkan bahwa 90% mahasiswa tingkat akhir menjadi prokrastinator. Hal tersebut dapat menghasilkan konsekuensi negatif terhadap kelangsungan akademik jika tidak ditangani dengan baik. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh hipnoterapi teknik part therapy terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Diploma 3 Kebidanan Metode: penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan one group pre-post test design. Sample yang digunakan adalah mahasiswa prodi Diploma 3 Kebidanan tingkat akhir sebanyak 30 mahasiswa. Teknik analisis menggunakan distrubusi frekuensi, uji normalitas dan uji bivariat dengan menggunakan wilcoxon melalui software computer SPSS versi 20.0, instrument prokrastinasi akademik menggunakan skala likert yang terdiri dari pernyataan positive dan negative. Hasil: Analisis univariat menunjukkan data bahwa hampir seluruh (80%) mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun laporan tugas akhir mengalami prokrastinasi akademik pada skala sangat tinggi sebelum dilakukan intervensi hipnoterapi teknik part therapy dan sesudah intervensi terjadi penurunan jumlah mahasiswa yang mengalami prokrastinasi akademik sangat tinggi menjadi 60%. Adapun hasil analisis bivariat didapatkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dilakukan hipnoterapi teknik part therapi, hal tersebut dilihat dari nilai p-value 0,000 < dari nilai alpha (0.05). Selain itu terlihat juga dari perbedaan nilai rata-raa dan standar deviasi. Kesimpulan: Hipnoterapi teknik part therapy memberikan kontribusi terhadap penanganan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir program diploma tiga kebidanan, sehingga disarankan dapat menjadi alternatif solusi yang dapat dilakukan.


Keywords


academic procrastination; hypnotherapy; part therapy; student

Full Text:

PDF

References


Batubara, J. And Asriatuzzekya (2017) ‘Contribution Locus Of Control And Self Esteem To Student Academic Procrastination’, Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 7(1), Pp. 54–62. Available At: Http://Ojs.Fkip.Ummetro.Ac.Id/Index.Php/Bk/Article/View/797 .

Becker, F. G. Et Al. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber daya Manusia Kesehatan.

Boysan, M. And Kiral, E. (2016) ‘An Investigation Into The Interactions Between Positive And Negative Aspects Of Personality, Perfectionism, Coping, And Locus Of Control: A Latent Profile Analysis’, Sleep And Hypnosis, 18(2), Pp. 53–64. Doi: 10.5350/Sleep.Hypn.2016.18.0116.

Gintulangi, I. (2014) ‘Hubungan Persepsi Mahasiswa Terhadap Harapan Orangtua Dalam Penyelesaian Studi S1 Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Dalam Mengerjakan Skripsi’, Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 3(3), Pp. 134–139.

Huda, A. N. (2017) ‘Efektivitas Bimbingan Dan Konseling Islam Dengan Hypnotherapy Untuk Meningkatkan Leadership Skill Pengurus Pondok Pesantren Nurut Taqwa Bondowoso.’, Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, Pp. 23–57. Available At: Http://Jurnalfdk.Uinsby.Ac.Id/Index.Php/Jbki/Article/View/416%0Ahttp://Jurnalfdk.Uinsby.Ac.Id/Index.Php/Jbki/Article/Download/416/346.

Jamila (2020) ‘Konsep Prokratinasi Akademik Mahasiswa’, Jurnal Edutech, 6(2), Pp. 257–261.

Janna, N. M. And Herianto (2021) ‘Artikel Statistik Yang Benar’, (18210047).

Khotimah, R., Radjah, C. And Handarini, D. (2016) ‘Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Smp Negeri Di Kota Malang’, Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), Pp. 60–67. Doi: 10.17977/Um001v1i22016p060

Lestari, R. A. (2014) ‘Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Dan Komitmen Organisasi Terhadap Efektifitas Implementasi Rencana Stratejik Pada Madrasah Aliyah Di Kabupaten Sukabumi’, Universitas Pendidikan Indonesia, Pp. 1–25.

Mccloskey, J. And Scielzo, S. A. (2015) ‘Finally!: The Development And Validation Of The Academic Procrastination Scale’, Manuscript Submitted For Publication, (March), Pp. 1–38. Available At: Https://Www.Researchgate.Net/Publication/273259879 .

Nafeesa, N. (2018) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa Yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah’, Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal Of Social And Cultural Anthropology), 4(1), P. 53. Doi: 10.24114/Antro.V4i1.9884 .

Papilaya, J. O. And Huliselan, N. (2016) ‘Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa’, Jurnal Psikologi Undip, 15(1), P. 56. Doi: 10.14710/Jpu.15.1.56-63.

Universitas Bhakti Kencana. (2019). Panduan Penulisan Tugas Akhir. Bandung ; Pusat Pengembangan Kurikulum dan Evaluasi Akademik Universitas Bhakti Kencana

Photon, J. (2019) ‘1472-Article Text-3434-1-10-20191218’, 10(1), Pp. 80–96.

Sari, A. P. (2019) ‘Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Pada Mahasiswa Yang Lambat Dalam Penulisan Skripsi Di Fkip Universitas Sanata Dharma’, Skripsi, Pp. 1–120.

Sudjianto, M. P. And Alimbudiono, R. S. (2021) Buku Monograf Dampak Prokrastlnasl Akademlk Pada Mahaslswa Akuntansl Universitas Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v18i1.755

Article Metrics

Abstract view : 145 View
PDF - 46 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar