ANALISIS KEBERHASILAN PELAYANAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS DEPOK I KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Rispa Dumgair, Eko Mindarsih, Heni Trisnowati

Abstract


Latar Belakang : Tahun 2012, angka kematian ibu di Indonesia masih cukup tinggi yaitu 359 per kelahiran hidup (SDKI, 2013). Ini berarti penanganan ibu hamil di  Indonesia perlu ditingkatkan lagi. Salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian ibu, dengan meningkatkan pelayanan antenatal care secara komprehensif dengan berbagai rencana strategi yang dilakukan, hal ini berhasil terlihat pada angka cakupan kunjungan  K1 dan K4 yang melampaui target nasional pada 4 Kabupaten yang ada Provinsi DIY. Pelayanan Antenatal Care yang dilakukan di Puskesmas Depok 1, untuk kunjungan K1 100%  dan kunjungan K4 97.7%.

Tujuan: Menganalisis keberhasilan pelayanan  Antenatal Care di Puskesmas Depok 1 Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, Yoyakarta.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional dengan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data obsevasi dan wawancara mendalam sementara desain atau rancangan penelitian adalah studi kasus. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling, dengan jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang yaitu informan utama 2 orang dan informan pendukung 2 orang.

Hasil: Keberhasilan pelayanan antenatal care di Puskesmas Depok I yang dicapai oleh para bidan, yaitu target kunjungan K1 100% dan target kunjungan K4 97.7%,  tercapai karena bidan bekerja dengan berpedoman pada prosedur tetap dan standar pelayanan kebidanan (SPK) sesuai kompetensi yang dimiliki.

Kesimpulan: Keberhasilan pelayanan antenatal care di Puskesmas Depok 1 yang di capai oleh para bidan menunjukkan kepatuhan bidan dalam melaksanakan pelayanan antenatal care sesuai prosedur pelayanan kebidanan (SPK) dalam manajemen perencanaan pelayanan  dengan kompetensi dan latar belakang pendidikannya.

Kata kunci: Keerhasilan pelayanan, Antenatal Care


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v0i0.75

Article Metrics

Abstract view : 319 View
PDF - 39 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar