HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MEKANISME KOPING DAN MANAJEMEN KESEHATAN DIRI PASIEN KANKER PAYUDARA DI POLI BEDAH UMUM RSUP DR SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN

Franciska Domiana Mella, Muflih, Eko Mindarsih

Abstract


Latar belakang: Kanker payudara merupakan tumor ganas pada payudara dan terbanyak menyerang wanita yang berdampak pada kesehatan fisik serta mempengaruhi cara individu merespon sakit. Koping yang adaptif, Manajemen kesehatan diri yang efektif serta dukungan keluarga sangat diperlukan pasien untuk mengoptimalkan kesembuhannya.

Tujuan: diketahuinya hubungan dukungan keluarga dengan mekanisme koping dan manajemen kesehatan diri pasien kanker payudara di poli bedah umum RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten

Metode penelitian: Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian analitik dan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilaksanakan di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro klaten pada bulan Mei-Juni 2015. Populasi adalah semua pasien kanker payudara yang melakukan rawat jalan serta memenuhi kriteria inklusi dengan sampel 42 orang. Sampel menggunakan teknik consecutive-sampling. Teknik analisis data menggunakan uji Chi Square.

Hasil: Sebagian besar pasien diberi dukungan keluarga yaitu 25 orang (59,5%). Sebagian besar mekanisme koping pasien adaptif yaitu 22 orang (52,4%). Sebagian besar manajemen kesehatan diri pasien efektif yaitu 25 orang (59,5%). Hasil analisa Chi-Square, hubungan antara dukungan keluarga dengan mekanisme koping pasien kanker payudara di poli bedah umum RSUP dr Soeradji Tirtonegoro klaten dengan p-value 0,067 (<0,1) dan hubungan dukungan keluarga dengan manajemen kesehatan diri pasien kanker payudara di poli bedah umum RSUP dr Soeradji Tirtonegoro klaten dengan p-value 0,046 (<0,1).

Kesimpulan: Ada hubungan dukungan keluarga dengan mekanisme koping pasien kanker payudara di poli bedah umum RSUP dr Soeradji Tirtonegoro klaten. Ada hubungan dukungan keluarga dengan manajemen kesehatan diri pasien kanker payudara di poli bedah umum RSUP dr Soeradji Tirtonegoro klaten.

 Kata kunci: Kanker payudara, dukungan keluarga, mekanisme koping, manajemen kesehatan diri.

 

__________________________________________________________________________________________________________

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v0i0.70

Article Metrics

Abstract view : 183 View
PDF - 86 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar