VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN TIPE MULTIPLE CHOICE DENGAN SKALA GUTTMAN TENTANG PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TERHADAP UKS
Abstract
Latar Belakang: Tipe instrumen yang digunakan mengukur tingkat pengetahuan dan sikap siswa sekolah dasar (SD) terhadap pemanfaatan UKS saat ini masih bermacam-macam tipe, sehingga dimungkinkan terjadi kemungkinan kesalahan dan ketidakakuratan dalam mengukur keadaan data yang sebenarnya. Tujuan: Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas intrumen yang cocok digunakan mengukur tingkat pengetahuan dan sikap siswa SD terhadap pemanfaatan UKS. Metode: Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode analitik komparatif dan desain cross sectional. Responden dipilih dengan simple random sampling sejumlah 30 responden pada bulan Agustus-November 2015. Instrumen penelitian yakni kuesioner yang terdiri dari tipe multiple choice dan skala guttman. Analisa data menggunakan uji uji pearson product moment dan alfa cronbach dan T test independent sample. Hasil: Data pengetahuan siswa didapatkan bahwa instrumen tipe skala guttman memiliki nilai rerata r hitung 0,483 (0,382 – 0,582), sedangkan instrumen tipe multiple choice memiliki nilai rerata r hitung 0,429 (0,290 – 0,563). Nilai Cronbach’s Alpha instrumen tipe skala guttman memiliki nilai lebih tinggi (0,783) dibandingkan instrument tipe multiple choice (0,760). Data sikap siswa didapatkan bahwa instrumen tipe skala guttman memiliki nilai rerata r hitung 0,499 (0,378 – 0,629), sedangkan instrumen tipe multiple choice memiliki nilai rerata r hitung 0,463 (0,211–0,639). Nilai Cronbach’s Alpha instrumen tipe skala guttman memiliki nilai lebih tinggi (0,808), dibandingkan instrument tipe multiple choice (0,794).
Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan nilai rerata yang signifikan antara instrumen pengetahuan (P value 0,119) dan sikap (P value 0,568) siswa tentang UKS tipe multiple choice dengan tipe skala guttman.
Kata Kunci : Validitas, Reliabilitas, Pengetahuan, Sikap, Siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35842/mr.v0i0.64
Article Metrics
Abstract view : 2440 ViewPDF - 1292 View
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Medika Respati
Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by: