KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE JIGSAW DIBANDINGKAN DENGAN CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG INFEKSI MENULAR SEKSUAL PADA MAHASISWA SEMESTER II PRODI S1 KESEHATAN MASYARAKAT FIKES UNRIYO

Arfiana Sari, Eko Mindarsih, Lestariningsih

Abstract


Latar  Belakang:  Masalah  yang  sering  terjadi  dalam  proses  belajar  mengajar  tidak tersampaikan informasi yang diberikan pengajar, karena kurang tepat dan bervariasinya pemilihan metode pembelajaran yang digunakan. Salah satu metode yang efektif untuk digunakan adalah metode jigsaw. Melalui metode ini peserta didik diajarkan bagaimana kerjasama, tangung jawab, melatih diskusi dan membuat mahasiswa aktif dalam berbicara dan berpendapat. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan kepada 10 mahasiswa dengan hasil 2 mahasiswa mampu menjawab tentang pengertian, jenis, penyebab, pengobatan dan cara penularan IMS dengan benar, 8 mahasiswa tidak mengetahui tentang hal tersebut.

Tujuan Penelitian : Mengetahui keefektifan penggunan metode jigsaw dibandingkan dengan ceramah terhadap pengetahuan tentang infeksi meenular seksual pada mahasiswa semester II PRODI S1 Kesehatan Masyarakat FIKES UNRIYO.

Metode Penelitian : Jenis penelitian Quasi Experimrnt Design dengan Control group time series design. Subjek penelitian ini mahasiswa PRODI S1 Kesehatan Masyarakat semester II, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan didapat jumlah sampel 68 siswa untuk penerapan dua metode. Uji statistik yang digunakkan  untuk hipotesis penelitian adalah Uji Paired ttest.

Hasil : Hasil Uji Paired t test  metode jigsaw didapatkan nilai t 6,637 p value 0,000  mean sebelum 75,625 sesudah 86,875 sedangkan metode ceramah nilai t -6,237 p value 0,000  mean sebelum 74,375 dan sesudah 84,375.

Kesimpulan : Metode jigsaw 0,400 poin lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah terhadap pengetahun tentang infeksi menular seksual pada mahasiswa semester II.

 

Kata Kunci : keefektifan, pengetahuan, jigsaw, ceramah

 

1Mahasiswa D-IV Bidan Pendidik Universits Respati Yogyakarta

2Dosen Universitas Respati Yogyakarta

3Dosen Universitas Respati Yogyakarta


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v12i1.6

Article Metrics

Abstract view : 205 View
PDF - 105 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar