PENGARUH PIJAT PUNGGUNG TERHADAP PENGELUARAN ASI PADA IBU PRIMIPARA DI RSUP DR.SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN DAN RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

Melania Wahyuningsih

Abstract


 

            ASI merupakan makanan yang paling baik untuk bayi. ASI eksklusif dapat mencegah bayi dari diare, penyakit saluran pernapasan dan bisa untuk menurunkan angka kematian bayi. Saat ini belum semua ibu memberikan ASI secara eksklusif kepada bayinya, karena pada minggu pertama post partum ASI tidak cukup untuk bayinya. Pijat punggung dapat mendukung program ASI eksklusif, karena dapat menstimulasi keluarnya oksitoksin yang  dapat merangsang pengeluaran ASI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek pijat punggung terhadap pengeluaran ASI pada ibu primipara.

             Metode penelitian ini post test eksperimental design. Peneliti meneliti volume ASI kelompok ASI pada kelompok perlakuan yang mendapatkankan perlakuan pijat punggung, dan kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan pijat punggung. Jumlah responden 50 ibu primipara, yang dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok perlakuan dan kelompok kontrol, masing – masing terdiri dari 25 responden. Pengumpulan data dilakukan di ruang post partum RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro dan RSUD Panembahan Senopati oleh peneliti pada bulan Januari 2011. Analisa statistik menggunakan prosentase untuk karaktristik responden, mean untuk Volume ASI dan Mann-Whitney test untuk mengetahui perbedaan volume ASI.

             Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ibu primirara di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten dan RSUD Panembahan Senopati Bantul sebagian besar berusia 20 – 30 th, berpendidikan SLTA dan tidak bekerja. Rerata volume ASI pada kelompok perlakuan 2 ml, dan pada kelompok kontrol group 0,04 ml. Man Whitney test dengan p value 0,00 ( Pvalue < 0,05). Ada pengaruh pijat punggung terhadap pengeluaran ASI pada ibu primipara.

 Kata kunci: pijat punggung, pengeluaran ASI

            


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v0i0.59

Article Metrics

Abstract view : 132 View
PDF - 122 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar