HUBUNGAN ANTARA PENDlDlKAN ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BEERBAHASA PADA ANAK BALITA TK. TUNAS MELATI, SIDOARUM, GODEAN, SLEMAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.35842/mr.v5i4.55Abstract
Semakin tinggi pendidikan orang tua dengan perkembangan bahasa anak
dinyatakan diterima. Ini berarti ada hubungan positif antara pendidikan orang tua dengan perkembangan bahasa pada anak di TK Tunas Me1ati, Sidoarum, Godean, Sleman, Y ogyakarta.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu:
- Sebagai data empiris untuk pertimbangan dalam rangka perbaikan program- program pendidikan orang tua pada anak balita yang ada di sekolah.
- Untuk meningkatkan upaya pendidikan orang tua dan secara langsung
meningkatkan perkembangan berbahasa pada anak -anak. - Untuk pengembangan pendidikan orang tua.
- Memberikan wawasan yang lebih luas tentang upaya dalam meningkatkan perkembangan berbahasa pada anak balita.Â
- Dalam penelitian ini menggunakan pendidikan kuantitatif, karena semua gejala yang diamati diwujudkan dalam bentuk angka dan menggunakan analisis statistik. Sesuai dengan tujuannya maka penelitian ini dapat dikategorikan penelitian korelasional, karena peneliti berusaha menelaah hubungan antara variabel dengan variabel yang lainnya.
Kata Kunci : Pendidikan, Bahasa, anakÂ