HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA D III KEBIDANAN DALAM MATA KULIAH ASKEB IV DI UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA

Nurliza,Sudarti, Githa Andriani,M Judha

Abstract


Latar belakang : Proses belajar mengajar merupakan suatu usaha untuk dapat mengembangkan potensi peserta didik. Didalam prosesnya diperlukan komponen pendukung untuk memperlancar proses pembelajaran. Salah satunya adalah media pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil survei diketahui media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Askeb IV sebagian masih menggunakan media OHP dan transparansi. Sedangkan pencapaian hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Askeb sebagian besar memperoleh nilai C dengan persentase 69,04%. 

Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan  media pembelajaran dengan pencapaian prestasi belajar mahasiswa D III Kebidanan dalam mata kuliah asuhan kebidanan IV di Universitas Respati Yogyakarta.

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah correlational dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswi D III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta tehnik pengambilan sampel dengan accidental sampling dimana sampel yang didapat sebanyak 69 orang. Analisis data penelitian menggunakan uji Spearman Rank.

Hasil : Media pembelajaran yang digunakan di D III Kebidanan pada mata kuliah asuhan kebidanan IV di Universitas Respati Yogyakarta dalam kategori kurang  sebanyak 38 orang (55,1%). Prestasi belajar mahasiswa D III Kebidanan dalam mata kuliah asuhan kebidanan IV di Universitas Respati Yogyakarta dalam kategori baik sebanyak 39 orang (56,5%). Ada hubungan media pembelajaran dengan pencapaian prestasi belajar mahasiswa D III Kebidanan dalam mata kuliah asuhan kebidanan IV di Universitas Respati Yogyakarta (nilai Zhitung sebesar 4,213 dan nilai p value sebesar 0,000 (p<0,05)). Keeratan hubungan hubungan antara media pembelajaran dengan pencapaian prestasi adalah sedang. Ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,511.

Kesimpulan : Hubungan positif media pembelajaran dengan pencapaian prestasi dapat diartikan semakin baik media pembelajaran maka akan semakin baik prestasi belajar mahasiswi D III Bidan Pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta.

Kata Kunci: Media pembelajaran, prestasi belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v7i1.52

Article Metrics

Abstract view : 70 View
PDF - 21 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar