HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG TUMBUH KEMBANG BALITA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF BALITA 1-3 TAHUN DI POSYANDU JINTEN 12 RW XII BADRAN,BUMIJO, JETIS,YOGYAKARTA

Sudarti, Afroh Fauziah

Abstract


Latar Belakang : Pembangunan kesehatan sebagai bagian dari upaya membangun manusia seutuhnya diselenggarakan melalui upaya kesehatan anak yang dilakukan sedini mungkin sejak anak masih di dalam kandungan. Upaya kesehatan yang dilakukan sejak anak masih didalam kandungan sampai lima tahun pertama kehidupannya, ditujukan untuk mempertahankan kelangsungan sekaligus meningkatkan kualitas hidup anak agar mencapai tumbuh kembang optimal. Menurut data yang di peroleh dari dinas kesehatan data tumbuh kembang balita 2009 di puskesmas kabupaten kota jumlah balita 21.414, yang terdeteksi 3.150 balita (14,71%) yang mengalami masalah dalam tumbuh kembangnya. Salah satu antisipasi untuk menurunkan angka balita yang mengalami masalah dengan cara melakukan penilai perkembangan balita dengan menggunakan KPSP.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang balita dengan perkembangan kognigtif balita 1 - 3 tahun di Posyandu Jinten,Badran,Jetis Yogyakarta.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif analitik dengan menggunakan metode cross Sectional. Sampel penelitian ini adalah ibu - ibu yang mempunyai anak 1- 3 tahun di Posyandu Jinten, Badran,Jetis,Yogyakarta yang berjumlah 43 ibu. Data yang dikumpulkan mengacu pada kohort di Posyandu Jinten, Badran, Jetis, Yogyakarta.

Variabel bebas: Tingkat Pngetahuan Ibu.

Variabel terikat: Perkembangan Kognigtif Blita 1-3 tahun.

Hasil : Data yang dikumpulkan diolah dan dianalisis dengan uji statistik yaitu Kendal Tau dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil pengujian menunjukkan nilai p sebesar 0,012 (p < 0,05) hal ini menunjukkan hipotesis diterima yaitu ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perkembangan kognigtif baliat 1-3 tahun.

 Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang balita dengan perkembangan kognigtif balita 1-3 tahun.

 


  
1 Dosen Prodi D – III Kebidanan

2 Dosen Prodi D – III Kebidanan

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v9i4.44

Article Metrics

Abstract view : 149 View
PDF - 243 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar