EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI IBU PASCA BEDAH SESAR TERHADAP PRAKTIK PEMBERIAN ASI PADA BAYI BARU LAHIR

Venny Vidayanti, Listyana Natalia

Abstract


Latar Belakang : Efi kasi diri dan motivasi ibu dalam menyusui bayinya merupakan faktor
yang berperan penting terhadap pemberian ASI bagi bayi baru lahir. Nyeri, kecemasan, dan hambatan mobilisasi yang dialami oleh ibu pasca pembedahan dapat menurunkan efi kasi diri dan motivasi ibu untuk memberikan ASI eksklusif bagi bayinya. Hal ini akan berdampak pada praktik pemberian ASI bagi bayi dan ibu cenderung akan memberikan susu formula bagi bayi baru lahir.

Tujuan :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efi kasi diri dan motivasi
ibu menyusui pasca bedah sesar dengan praktik pemberian ASI eksklusif pada bayi baru lahir.

Metode :Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu pasca bedah sesar yang dirawat gabung bersama bayinya sebanyak 48 responden di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Analisis bivariat yang digunakan adalah uji chi square.

Hasil :Hasil p-value hubungan efi kasi diri ibu pasca bedah sesar dengan praktik pemberian ASI pada bayi baru lahir sebesar 0,022. Hasil p-value hubungan motivasi ibu pasca bedah sesar dengan praktik pemberian ASI pada bayi baru lahir sebesar 0,011.

Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifi kan antara efi kasi diri ibu menyusui dan motivasi ibu pasca bedah sesar dengan praktik pemberian ASI pada bayi baru lahir di RSUD Panembahan Senopati Bantul


Keywords


bedah sesar; pemberian ASI; motivasi; efi kasi dir

Full Text:

PDF

References


Perry, E., Shanon., Hockenberry, J.M., Lowdermilk, L.D.,Wilson. D.,(2010). Maternal Child Nursing Care. (4th edition). MosbyElsevier.

Riordan, J., Wambach, K. (2010) Breastfeeding and Human Lactation. (4thedition). Massachusetts: Jones and Bartlett Publishers.

Riskesdas. (2013). Rencana Kerja Pembinaan Gizi Masyarakat Tahun 2013. Jakarta: Direktorat Bina Gizi Kemenkes RI.

Soetjiningsih. (2005).Tumbuh kembang anak.Jakarta: EGC.

Nurbaeti, Rosidati, (2009), “Hubungan Karekteristik Ibu Hamil Trimester III dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Persalinan di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit X Jakarta”, Majalah Keperawatan, vol 10 pp 38-48

Muaningsih. (2013). Studi Komparasi Antara Breastfeeding Self Effi cacy Pada Ibu Menyusui di RSSIB dengan Non RSSIB dan Faktor Yang

Mempengaruhinya. Jakarta : FIK-UI. Thesis

Lauster,Peter.(2002).Tes Kepribadian. Jakarta : Bumi Aksara

Santrock, J. W. (2007). Life Span Development”Perkembangan Masa Hidup”. Jakarta :Erlangga

Dennis, C.L.(2002). Breastfeeding initiation and duration; a 1990-2000 literature review. JOGNN. Vol. 31(1), pp: 12-27. ISSN: 1552-6909

Dennis, C.L. (2003). The Breastfeeding Self Effi cacy Scale: Psychometric Assessment of The Short Form. JOGNN, 6, p.734-744

Herri dan Namora.(2010). Pengantar Psikologi untuk Kebidanan Edisi Revisi.Jakarta : Kencana Prenada Media Grup

Suryaningsih.(2012).“Pengaruh Demonstrasi ASI dan Pendampingan Menyusui Terhadap Motivasi dan Kemampuan Ibu dalam Pemberian ASI”. Tesis. Universitas Indonesia

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Spaulding, D.M.(2007). Breastfeeding Self Effi cacy in Women of African Descent. Proquest Dissertations and Theses.

Roesli, U. (2012). Inisiasi Menyusui Dini Plus ASI Eksklusif. Jakarta: Pustaka Bunda.

Smith, L.J. (2010). Impact of Birth Practices on Breastfeeding, (Second edition), Jones and

Barlett Publishers, ISBN 978-0-7637-6374-9, Sudbury, USA.

Rositasari .(2011). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Menyuui dengan Pemberian ASI di Desa Pabelan Sukoharjo. Karya Tulis Ilmiah. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Nonikesari. H. (2012). Faktor Penyebab Rendahnya Pemberian ASI Eksklusif Pada Bayi Usia 0-6 Bulan Di Wilayah Desa Blimbing Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang. Skripsi. Jombang

Indrayani, Tutik, dan Bernadeta. (2011). “Hubungan Dukungan Suami dengan Motivasi Ibu Nifas dalam Memberikan ASI Eksklusif di Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta”. Skripsi. UNRIYO

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafi ndo Persada.




DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v0i0.432

Article Metrics

Abstract view : 109 View
PDF - 27 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Venny Vidayanti

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar