PENGARUH AERASI DAN FILTRASI SEDERHANA TERHADAP WARNA, KEKERUHAN, KADAR FE DAN MN SUMBER AIR BERSIH WARGA DI WILAYAH DESA ARGOMULYO CANGKRINGAN SLEMAN DIY

Sukismanto Sukismanto, Elisabeth Deta Deta L

Abstract


Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 416/MEN.KES/PER/IX/1990 tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air, dimana persyaratan kualitas air bersih yang diperbolehkan untuk kadar zat besi (Fe) maksimum adalah 1,0 mg/L dan untuk Mangan (Mn) adalah 0,5 mg/L, kekeruhan maksimum 25 NTU, warna maksimum 50 NTU. Desa argomulyo yang secara kewilayahan memiliki perbedaan ketinggian dari satu tempat dengan tempat yang lain, ketersediaan media pasir yang cukup melimpah. Perbedaan ketinggian merupakan potensi untuk diterapkan pengolahan dengan bantuan grafitasi, dan ketersediaan media pasir yang dapat dimanfaatkan sebagai media filtrasi maka alangkah tepatnya jika potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan tingginya tingkat kekeruhan, warna, kadar Fe dan Mn sumber air bersih diwilayah tersebut.

Prinsip penurunan kadar besi dan mangan adalah proses oksidasi dan pengendapan. Adapun prosesnya adalah besi dalam bentuk Ferro dioksidasi terlebih dahulu menjadi bentuk ferri, kemudian pengendapan dengan membentuk endapan ferrihidroksida. Indikator warna dan kekeruhan dengan filtrasi akan mampu diserap oleh media filtrasi baik secara adsorpsi maupun absorpsi. Sehingga dengan teknologi pengolahan menggunakan aerasi dan filtrasi akan dapat menurunkan parameter yang belum memenuhi syarat. Kombinasi antara potensi yang ada diwilayah tersebut dan penerapan teknologi sederhana diharapkan dapat teraplikasinya teknologi ini bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber air bersih yang dikonsumsi oleh masyarakat. Seiring peningkatan kualitas sumber air bersih yang memenuhi syarat kesehatan sehingga derajad kesehatan masyarakat juga akan meningkat.

Berdasarkan hasil pengolahan dengan pemeriksaan pada parameter besi mangan kekeruhan dan warna diketahui bahwa desain pengolahan air sederhana dapat meningkatkan kualitas air bersih. Untuk parameter besi, kekeruhan dan warna belum sesuai dengan permenkes No. 416/Menkes/Per/IX/1990 tentang kualitas air bersih, untuk parameter mangan telah memenuhi kualitas sesuai permenkes No 416/menkes/Per/IX/1990 tentang syarat kualitas air bersih.

 


Full Text:

PDF

References


Depkes RI, 2012. Resume Profil Kesehatan DIY. Yogyakarta: Dinas Kesehatan DIY.

Harwono Putro Agus, 2013. Kualitas Bidan Menurun, Diduga karena Jumlah Lulusan

Terlalu Banyak. Last update: 12 April 2013. Aviabel on: http://www.detikhealt.com. Jumat, 12 Desember 2013 pukul: 16.05 WIB.

Menkes, 2007. Standar Pofesi Kebidanan. Kepmenkes No. 369/MENKES/SK.III/2007.

Sugiyono, 2012. Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Suyanto dan Salamah, U, 2008. Riset Kebidanan Metodelogi dan Aplikasi. Yogyakarta:Mitra Cendikia

Arikunto, S, 2006. Prosedur Penelitian Studi Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S, 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wawan dan Dewi, 2010. Teori Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nusa Medika.

Dewa, 2013. “Tingkat Pengetahuana tentang Partograf dengan Hasil Ujian Metode OSCA Mahasiswa Semester IV PrograM Studi Diploma III Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta”. Skripsi, Yogyakarta. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta.

Yanti, 2009. OSCA (Objective Structure Clinical Assesmt) Panduan Praktis Menghadapi UAP D III Kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Pande, 2010. “Hubungan antara Frekuensi Skill Lab Mandiri dengan Nilai Ujian Skill Lab KDPK pada Mahasiswa DIII Kebidanan Ta. 2009/2010 di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta”. Skripsi, Yogyakarta. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta.

Utami, 2011. “Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang Asuhan Persalinan Normal dengan Nlai Skill Laborattorium Asuhan Persalinan Normal Mahasiswa Semester IV Tahun Ajaran 2010/2011 Program Studi Diploma III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta”. Skripsi, Yogyakarta. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v11i2.418

Article Metrics

Abstract view : 295 View
PDF - 78 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sukismanto Sukismanto, Elisabeth Deta Deta L

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar