HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DENGAN KETEPATAN WAKTU MELAKUKAN IMUNISASI PADA BAYI DI BPS SRI MARTUTI, PIYUNGAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Afroh Fauziah, Sudarti

Abstract


Latar Belakang:Angka Kematian Bayi (AKB) masih menjadi permasalahan kesehatan di Indonesia. AKB disebabkan karena rendahnya sistem kekebalan tubuh bayi sehingga mudah terserang penyakit yang dapat menyebabkan kematian.Solusi yang ada diantaranya dengan pemberian imunisasi pada bayi dan anak. Imunisasi dapat mencegah penyakit pada anak dan dapat mencegah penularan penyakit untuk anak lain. Perilaku pemberian imunisasi, pengetahuan dan sikap orang tua terutama ibu sangat penting. Hasil studi pendahuluan di BPS Sri Martuti, dari 12 ibu ada 7 orang yang tingkat pengetahuannya rendah.

Tujuan Penelitian :Mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan ketepatan waktu ibu melakukan imunisasi pada bayi Di BPS Sri Martuti, Piyungan, Bantul, Yogyakarta.

Metode Penelitian :Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi yang berkunjung ke BPS Sri Martuti Piyungan, Bantul, Yogyakarta untuk melakukan imunisasi pada bayinya.Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang.Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi.Analisis data penelitian menggunakan analisis Chi Square.

Hasil: Tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi di BPS Sri Martuti, Piyungan, Bantul, Yogyakarta sebagian besar dalam kategori tinggi sebesar 46,7%. Ketepatan waktu ibu melakukan imunisasivpada bayidi BPS Sri Martuti, Piyungan, Bantul, Yogyakarta sebagian besar dalam kategori tepat waktu sebesar 63,3%. Hasil analisis Chi-Square diperoleh nilai χ2 hitung sebesar 10,314 dengan p value sebesar 0,006.

Kesimpulan: Ada hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi dengan ketepatan waktu ibu melakukan imunisasi pada bayi di BPS Sri Martuti, Piyungan, Bantul, Yogyakarta.

 Kata Kunci: tingkat pengetahuan, ketepatan, imunisasi

1 Dosen Prodi D – III Kebidanan

2 Dosen Prodi D – IV Bidan Pendidik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v11i4.41

Article Metrics

Abstract view : 325 View
PDF - 94 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar