PENGARUH ABDOMINAL STRECHING EXERCISE DENGAN LANTUNAN AYAT SUCI AL-QUR’AN TERHADAP SKALA NYERI HAID (DISMINORE) PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN DARUL ULUM YOGYAKARTA

Nita Pramita, Dian Nur Adkhana Sari

Abstract


Latar belakang: Nyeri haid (Disminore) dapat menimbulkan dampak bagi kegiatan atau aktivitas para wanita khususnya remaja. Jika seorang remaja mengalami disminore, aktivitas belajar mereka di sekolah akan terganggu dan tidak jarang mereka tidak masuk sekolah. Disminore menimbulkan dampak yang mengakibatkan tidak bisa beraktivitas, tidak dapat berkonsentrasi dalam belajar, dan merupakan penyebab utama ketidakefektifan dalam kegiatan sehari-hari. Maka dari itu dibutuhkan terapi yang dapat menurunkan nyeri haid (disminore) salah satunya yaitu Abdominal Streching Exercise dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh Abdominal Streching Exercise dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an terhadap skala nyeri haid (disminore) pada remaja di Panti Asuhan Darul Ulum Yogyakarta.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimental dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di Panti Asuhan Darul Ulum Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel 20 responden.

Hasil: Analisa data menggunakan uji paired t-test dengan tingkat signifikan p<0,05. Didapatkan hasil nilai p=0,000 (nilai p ≤ 0,05). Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan signifikan artinya ada pengaruh Abdominal Streching Exercise dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an terhadap skala nyeri haid (Disminore) pada remaja sebelum dan sesudah diberikan intervensi.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh Abdominal Streching Exercise dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an terhadap skala nyeri haid (Disminore) pada remaja di Panti Asuhan Darul Ulum Yogyakarta.

Kata Kunci: Abdominal Streching Exercise, Ayat suci Al-Qur’an, Disminore.


Full Text:

PDF

References


Abidin dkk. 2018. Pengaruh William Flexion Exercise Terhadap Penurunan Intensitas

Nyeri Haid (Disminore) pada Siswi SMAN 7 Kota Malang. Jurnal Ilmiah Kesehatan.

Aditiara. 2018.

Hubungan AntaraUsia Menarche Dengan Disminorea Primer. Jurnal Ilmiah Kperawatan.

Agustina dkk. 2019. Perbedaan Pengaruh Abdominal Streching Exercise dengan Kompres Hangat Terhadap Penurunan Nyeri Haid (Disminore) pada Mahasiswa Fisioterapi STIKes Siti Hajar Medan. Jurnak Kesehatan.

Al-Qur’an al-Karim.

Ansar. 2018. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Disminorea pada Remaa Putri Di SMAN 1 Kahu Kabupaten Bone. Jurnal Ilmiah Keperawatan.

Bahri. 2015. Penelitian Hubungan Antara Kebiasaan Olahraga dengan Disminore pada Mahasiswi Pre-Klinik Program Studi Pendidikan DokterFakultas Kedokteran Universitas Andalas Tahun Ajaran 2012.Jurnal Kesehatan Andalas.

Dwi Pranya. 2014. Hubungan Disminore Dengan Aktivitas Belajar Mahasiswa Psik Fk Unud.

Fidiarty. 2018. PengaruhLatihan Abdominal Streching dan Musik Klasik Terhadap Intensitas Nyeri Haid pada Remaja Putri. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol.9 No.2 2018.

Fundamental Keperawatan. 2010. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep Proses dan Praktik. Edisi 7 tahun 2010.

Hendarini. 2014. Hubungan Malnutrisi dengan Kejadian Disminore. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan.

Karim. 2016. Kejadian Disminore Berdasarkan Karakteristik Orang dan Waktu Serta Dampaknya Pada Remaja SMA Sederajat di Jakarta Barat. Jurnal Ilmiah Kesehatan.

Khotimah & Wahyuni. 2018. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian

Disminore Pada Remaja Putri. Jurnal Ilmiah Kesehatan.

Kusmiran. 2011. Kesehatan Reproduksi Remajadan Wanita. Jakarta :Salemba Medika.

Lowdermilk. 2013. Keperawatan Maternitas. Editor edisi Bahasa Indonesia :alih bahasa : Sidharta & Tania. Jakarta :Salemba Medika.

Masruroh & Setyowati. 2019. Perbedaan Efektifitas Murrotal Al-ur’an dan Terapi

Akupresur Terhadap Nyeri Haid pada Remaja Putri Kelas X di SMAN 2 Ungaran Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Kesehatan.

Pramisiwi. 2011. Evidence Based Practice Intervensi Spiritual Keperawatan Melalui Murrotal Surah Arrahman Untuk Menurunkan Cemas di Ruang ICU dan IGD Rumah sakit Islam Sultan Agung Semarang.

Prastiwi. 2017 Pengaruh Alunan Murrotal Terhadap Intensitas Nyeri Disminore Primer Pada Siswi Aliyyah di Pondok Pesantren As Salafiyyah Mlangi Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Kesehatan.

Putri dkk. 2018. Hubungan Antara Nyeri Haid (Disminore) Terhadap Aktiitas Belajar pada Siswi Kelas XI SMAN 52 Jakarta. Jurnal Ilmiah Kesehatan.

Rahmawati. 2018. Pengaruh Pemberian Abdominal Stretching Exercise Terhadap Tingkat

Nyeri Dismenorea Pada Siswi Di SMP N 30 Semarang. Jurnal Ilmiah Keperawatan, Maret 2017.

Sari. 2015. Cat Stretch Exercise Sebagai Upaya Mengurangi Nyeri Haid pada Remaja Putri.

Siswanti & Kulsum. 2016. Pengaruh Terapi Murrotal Terhadap Nyeri Pasien Post Seksio

Sesaria di RSI Sunan Kudus Kabupaten Kudus. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Sunny. 2014. Gaya Bahasa dalam Surah Arrahman (Kajian Stilistika). Tesis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Thermacare. 2010. Abdominal Streching Exercise for Menstrual Pain. Jurnal ilmiah Kesehatan.

Wahyuni. 2013. Efektifitas Terapi Abdominal Streching Exercise dan Minuman Kunyit Asam Terhadap Disminore pada Remaja Putri di Pondok Pesantren Manbau Chafidhil Qur;an. Vol.1 No.1.

Yuliana. 204. Pengaruh Abdominal Streching ExerciseTerhadap Dysminorhea Primer Siswi MAN1 Surkarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan




DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v14i2.223

Article Metrics

Abstract view : 525 View
PDF - 122 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar