ANTROPOMETRI PENGUKURAN STATUS GIZI ANAK USIA 24-60 BULAN DI KELURAHAN BENER KOTA YOGYAKARTA

Reni Merta Kusuma, Rizki Awalunisa Hasanah

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Pertumbuhan balita menjadi salah satu bagian penting yang harus diperhatikan. Pertumbuhan memantau berat badan dan panjang badan atau tinggi badan untuk menilai status gizi balita. Pentingnya pemantauan pertumbuhan balita, dinas kesehatan melalui puskesmas melakukan kegiatan posyandu balita yang dilakukan setiap bulan. Pemantauan pertumbuhan dilakukan karena pertumbuhan dan perkembangan balita berjalan secara simultan dan saling memengaruhi.

Tujuan: Untuk mengetahui pertumbuhan balita dengan menilai status gizi dari pengukuran berat badan terhadap umur (BB/U) dan indeks massa tubuh terhadap umur (IMT/U) guna menentukan balita kurus/normal/gemuk, dan tinggi badan terhadap umur (TB/U) guna menentukan balita pendek/normal.

Metode: Desain penelitian berupa penelitian kuantitatif dengan metode survei.Pengambilan data menggunakantotal sampling dari posyandu. Sampel yang digunakan 84 balita usia 24-60 bulan dan memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Data yang diukur adalah berat dan tinggi badan. Data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis.

Kesimpulan: Perhitungan BB/TB didapatkan responden balita kurus 2,4% dan balita gemuk 1,2%. Perhitungan IMT/U didapatkan respoden balita gemuk 9,5%. Perhitungan TB/U didapatkan respoden balita pendek 1,2%.

 

Kata Kunci: Antropometri, Status Gizi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v13i4.196

Article Metrics

Abstract view : 13330 View
PDF - 6652 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Reni Merta Kusuma, Rizki Awalunisa Hasanah

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar