HUBUNGAN STATUS GIZI DAN PERILAKU PEMBERIAN STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK PKK INDRIARINI, WEDOMARTANI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

Endang Lestiawati, Listyana Natalia Retnaningsih

Abstract


Latar Belakang: Anak merupakan individu yang berada dalam satu rentang perubahan pertumbuhan dan perkembangan yang perlu mendapatkan perhatian sebagai generasi penerus bangsa. Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan diantaranya adalah stastus gizi dan pemberian stimulasi. Setiap anak perlu mendapatkan gizi yang baik dan stimulasi rutin sedini mungkin dan terus menerus pada setiap kesempatan. Anak yang memiliki status gizi baik dan mendapatkan stimulasi rutin  akan  mencapai perkembangan yang optimal. 

Tujuan: Mengetahui hubungan status gizi dan pemberian stimulasi dengan perkembangan motoruk halus anak usia pra sekolah di TK PKK Indriarini, Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta.

Metode penelitian: Metode penelitian ini adalah penelitian korelasi analitik dengan rancangan penelitian cross-sectional. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen status gizi IMT/U, kuesioner dan lembar observasi DDST. Uji analisis menggunakan chi-square.

Hasil: Status gizi anak usia pras sekolah mayoritas normal (77,1%), perilaku pemberian stimulasi orang tua paling banyak  baik (40%), dan perkembangan motorik halus anak usia pra sekolah mayoritas normal (57,1%). Hasil uji korelasi status gizi dengan perkembangan motorik halus diperoleh p-value 0,700 (>0,05) dan pemberian stimulasi dengan perkembangan motorik halus anak usia pra sekolah diperoleh p-value 0,011 (< 0,05).

Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan perkembangan motorik halus anak usi di TK PKK Indriarini Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta. Ada hubungan yang signifikan antara perilaku pemberian stimulasi dengan perkembangan motorik halus anak usia pra sekolah di TK Indriarini Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta.

 

Kata kunci : Status Gizi, Stimulasi, Perkembangan Motorik Halus, Anak Usia Pra Sekolah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v13i3.187

Article Metrics

Abstract view : 324 View
PDF - 94 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Endang Lestiawati, Listyana Natalia Retnaningsih

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar