PENGARUH PEMBENTUKAN KELOMPOK BELAJAR DALAM TEAM BASED LEARNIN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI DIII KEPERAWATAN AKADEMI KESEHATAN KARYA HUSADA YOGYAKARTA

Prita Yunitasari

Abstract


Belajar bekerjasama dalam suatu tim adalah hakekat dari TBL. Oleh karenanya pembentukan tim menjadi hal yang perlu diperhatikan. Pembentukan kelompok belajar dalam pengembangan metode pembelajaran TBL di AKES Karya Husada menarik untuk dikaji.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen pre-test-post-test with control group. Kelompok intervensi diberi perlakuan metode TBL, kelompopk kontrol diberi perlakuan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Kelompok intervensi dibagi menjadi 8 kelompok berdasarkan IPK dan dikelola agar setiap kelompok mempunyai kemampuan akademis yang sama.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuan, baik kelompok intervensi maupun kelompok kontrol mempunyai motivasi yang relatif sama dan tergolong rendah. Setelah mendapat intervensi terdapat peningkatan motivasi belajar mahasiswa, namun peningkatan motivasi belajar mahasiswa kelompok team based learning lebih tinggi dibandingkan mahasiswa kelompok ceramah.   Pengembangan TBL dengan membentuk kelompok yang memperhatikan kualitas sumber daya setiap anggota meningkatkan motivasi belajar mahasiswa

 Kata kunci : Pembentukan kelompok, Motivasi belajar, Team Based Learning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v12i2.17

Article Metrics

Abstract view : 365 View
PDF - 223 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar