PENGARUH JUMLAH PASANGAN SEKS TERHADAP INFEKSI HIV PADA PECANDU NARKOBA DI KLINIK VOLUNTARY COUNSELING TESTING (VCT) RSU KABANJAHE KABUPATEN KARO TAHUN 2017

Muryani Muryani, Sorimuda Sarumpaet, Sri Rahayu Sanusi

Abstract


Penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu penyebab penularan infeksi HIV yang meningkat dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan faktor risiko yang memengaruhi infeksi HIV pada pecandu narkoba di Klinik Voluntary Counseling Testing (VCT) RSU Kabanjahe Kabupaten Karo.

Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan desain kasus kontrol. Populasi adalah seluruh pecandu narkoba yang terkena infeksi HIV di Klinik VCT RSU Kabanjahe. Sampel berjumlah 66 yaitu 33 kasus dan 33 kontrol yang dilakukan dengan metode Consecutive Sampling. Tahapan analisis data yaitu analisis univariat, bivariat.

Hasil analisis bivariat diperoleh jumlah pasangan seks pada pecandu narkoba. Faktor risiko yang mempunyai pengaruh bermakna untuk infeksi HIV pada pecandu narkoba adalah jumlah pasangan seks OR 4,730 (95% CI 1,287-17,387).

Disarankan Klinik VCT RSU Kabanjahe Kabupaten Karo agar meningkatkan dan memperkuat layanan VCT, juga diharapkan bekerjasama dengan semua jajaran sektor kesehatan dan lintas program untuk memperkuat konsolidasi dan koordinasi dalam pencegahan HIV. Para pecandu narkoba agar setia terhadap pasangan guna untuk pencegahan terjadinya HIV dan rutin untuk melakukan pemeriksaan HIV.

 

Kata Kunci : Infeksi HIV, Faktor Risiko


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v13i2.153

Article Metrics

Abstract view : 189 View
PDF - 170 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar