FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI POLA MAKAN MI INSTAN DI KALANGAN MAHASISWA DI YOGYAKARTA Factors Influencing Instant Noodle Consumption Patterns Among Students In Yogyakarta

Ayu Fitriani

Abstract


Latar Belakang: Indonesia menduduki peringkat kedua dalam tingkat mengkonsumsi mi instan terbanyak setelah Cina/Hongkong dari seluruh negara di dunia selama lima tahun berturut-turut (2011-2015). Pola makan seseorang dapat dipengaruhi beberapa hal berikut yaitu pendapatan/uang saku, pekerjaan, pendidikan, tempat tinggal, agama/kepercayaaan, pengetahuan gizi dan karakteristik fisiologis yang selanjutnya akan mempengaruhi gaya hidup dan perilaku makannya.
Tujuan: Untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi pola makan mi instan di kalangan mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat angkatan tahun 2016 Universitas Respati Yogyakarta.
Metode: Jenis penelitian ini yaitu penelitian analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian 99 subjek penelitian dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk varibel pengetahuan, persepsi dan uang saku, sedangkan untuk variabel pola makan mi instan menggunakan form food record. Analisis data dengan univariat dan bivariat (chi-square).
Hasil Penelitian: berdasarkan hasil analisis uji chi-square diperoleh nilai secara statistik masing-masing faktor yang berhubungan dengan pola makan mi instan adalah pengetahuan (p-value 1.000), persepsi (p-value 0.024) dan uang saku (p-value 0.008).
Kesimpulan: Tidak ada hubungan pengetahuan dengan pola makan mi instan. Ada hubungan persepsi dan uang saku dengan pola makan mi instan.
Kata kunci: pengetahuan, persepsi, uang saku, pola makan mi instan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v13i0.141

Article Metrics

Abstract view : 3396 View
PDF - 2032 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar