PERAN CONSEQUENCES (C) DALAM PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PEKERJA UPT BALAI YASA YOGYAKARTA

Julaikah Julaikah

Abstract


Latar Belakang : Penggunaan APD merupakan ujung tombak pencegahan kecelakaan yang diterapkan di Balai Yasa Yogyakarta. Upaya pengendalian resiko lainya seperti eliminasi, substitusi, dan modifikasi tidak dapat diterapkan. Salah satu upaya meningkatkan kepatuhan dalam penggunaan APD adalah menerapkan reward dan punishment yang merupakan bagian dari consequences (C). Dari hasil observasi dokumen laporan klinik Balai Yasa Yogyakarta diketahui bahwa kejadian kecelakaan yang terlapor 80% disebabkan karena unsafe action.
Tujuan : Untuk mengetahui peran consequences (C) dalam penggunaan alat pelindung diri pada pekerja UPT Balai Yasa Yogyakarta.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang. Analisis data menggunakan content analysis.
Hasil : Consequences (C) dalam penggunaan APD di UPT Balai Yasa Yogyakarta terdiri dari consequences internal dan eksternal. Pekerja bagian produksi UPT Balai Yasa Yogyakarta yang memiliki pemahaman terhadap dampak positif memiliki konsistensi dalam kepatuhan penggunaan APD. Sedangkan consequences eksternal berupa reward dan punishment belum berjalan dengan baik sehingga kurang berperan dalam pembentukan perilaku kepatuhan penggunaan APD.
Kesimpulan : Peran consequnces (C) internal dalam penggunaan APD pada pekerja UPT Balai Yasa Yogyakarta sudah baik, sedangkan untuk peran consequences (C) eksternal masih kurang.
Kata kunci: Consequences (C), Alat Pelindung Diri (APD)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v13i0.136

Article Metrics

Abstract view : 209 View
PDF - 273 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar