HUBUNGAN KADAR GULA DARAH DENGAN TINGKAT KOGNITIF PADA PRA LANSIA DI PADUKUHAN DENOKAN MAGUWOHARJO, DEPOK, SLEMAN, DI YOGYAKARTA

Novita Ariyani Pohan, Induniasih, Thomas Aquino Erjinyuare Amigo

Abstract


Latar belakang: Masalah kesehatan yang terjadi pada pra lansia seperti penyakit DM dapat menyebabkan penurunan kognitif, dan penurunan kognitif juga dapat dipengaruhi oleh salah satunya adalah gula darah, gula darah yang tinggi dapat meningkatkan progresifitas penurunan kognitif ringan menjadi berat, sehingga perlu dilakukan upaya promotif dan preventif pada masa pra lansia agar kualitas hidup semakin baik di masa lanjut usia.

Tujuan: Mengetahui hubungan kadar gula darah dengan tingkat kognitif pada pra lansia di Padukuhan Denokan Maguwoharjo, Depok, Sleman, DI Yogyakarta.

Metode penelitian: Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei analitik, menggunakan rancangan Cross Sectional yang dilaksanakan di Padukuhan Denokan. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan jumlah sampel 78 responden, dianalisis menggunakan uji statistik korelasi Spearman Rank.

Hasil penelitian: Sebagian besar pra lansia memiliki kadar gula darah normal dengan persentase sebesar 69.2 %, sedangkan yang paling sedikit pra lansia yang memiliki kadar gula darah tinggi dan juga menderita penyakit diabetes mellitus dengan persentase 11.5 %, dan sebagian besar pra lansia juga menunjukan tingkat kognitif normal persentase 62.8 %, sedangkan yang mengalami gangguan kognitif ringan persentase 35.9 % dan 7 diantaranya menderita penyakit DM, dan paling sedikit pra lansia yang mengalami gangguan kognitif berat dengan persentase 1.3%. Analisa hubungan kadar gula darah dengan tingkat kognitif (p-value 0.015< 0.05), dan analisis keeratan hubungan (r berada diantara 0.2- < 0.4 yaitu 0.275).

Kesimpulan: Ada hubungan antara kadar gula darah dengan tingkat kognitif pada pra lansia, dengan keeratan hubungan lemah.

 

Kata kunci: Kadar gula darah, tingkat kognitif, pra lansia.

 

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v0i0.120

Article Metrics

Abstract view : 249 View
PDF - 52 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar