PERBEDAAN KEPUASAN PASIEN BPJS DAN PASIEN UMUM PADA BAGIAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT KABUPATEN SIDOARJO TAHUN 2024
Abstract
Latar belakang: Ketidakpuasan pasien di Rumah Sakit Kabupaten Sidoarjo khususnya pasien BPJS dan umum masih terdapat beberapa keluhan terkait pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit yang disampaikan melalui ulasan website. Tujuan: untuk mengetahui mengetahui perbedaan kepuasan pasien BPJS dan Pasien Umum di bagian pendaftaran rawat jalan. Metode: penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 10.272 responden, besar sampel 100 responden, teknik Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik rancangan acak dengan sederhana (Simple Random Sampling), waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2024, teknik analisis yang digunakan uji beda Mann Whitney U-test. Hasil: Responden BPJS yang merasa puas 28 orang (56%), dan yang merasa sangat puas 22 orang (44%). Responden Umum yang merasa puas 6 orang (12%), dan yang merasa sangat puas 44 orang (88%). Selain itu, hasil penelitian ini juga mennjukkan bahwa ada perbedaan kepuasan Pasien BPJS dan Pasien Umum di bagian pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit Kabupaten Sidoarjo dengan nilai p value 0,000 (p < 0,05). Kesimpulan: ada perbedaan kepuasan Pasien BPJS dan Pasien Umum di bagian pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit Kabupaten Sidoarjo, Rumah Sakit Kabupaten Sidoarjo disarankan untuk meningkatkan kepuasan pasien dengan memberikan pelatihan kepada petugas pendaftaran tentang pelayanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalina, R. N. … Erna, V. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Kesehatan Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor Tahun 2021. Journal of Hospital Management ISSN, 4(02), 2615–8337.
Ayu, S. … Beni, S. (2022). Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Minat Kunjungan Bina Kasih Medan. Ilmu Psikologi Dan Kesehatan, 205–214.
Handajani, D. O., & Furi, F. E. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan Rumah Sakit Ibu Dan Anak Kirana Sepanjang Sidoarjo. Warta Bhakti Husada Mulia : Jurnal Kesehatan, 6(2), 1–7. http://jurnal.bhmm.ac.id/index.php/jurkes/article/viewFile/147/113
Immelia, P. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun. 1.
Marta, E. P. A. … Rejeki, H. S. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Journal of Islamic Pharmacy, 7(2), 104–111. https://doi.org/10.18860/jip.v7i2.17693
Primastuti, A. N. … Mulyono, S. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Jati Husada Karanganyar. Indonesian Journal of Health Information Management, 2(2), 1–6.
Ozora, B. V., Odi, P., & Andi, B. (2019). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Dan Non Bpjs Di Rsud Tobelo. E-Journal Keperawatan (E-Kp), 7.
DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v19i3.1191
Article Metrics
Abstract view : 33 ViewPDF - 14 View
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan
Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by: