SARI KURMA (PHOENIX DACTYLIFERA) SEBAGAI SUPLEMEN NUTRISI UNTUK MENAMBAH KADAR HAEMOGLOBIN PADA TIKUS PUTIH BETINA (RATUS NORVEGICUS)

Setyo Mahanani Nugroho, Masruroh, Lenna Maydianasari

Abstract


Latar Belakang: Usia Remaja merupakan awal dari usia reproduksi pada remaja. Pemenuhan gizi yang baik pada masa ini akan mempengaruhi tingkat kesehatan dan sistem reproduksinya. Masalah yang sering terjadi adalah anemia yang disebabkan karena kurangnya asupan zat besi. Salah satu makanan yang mengandung zat besi adalah kurma. Sari kurma merupakan hasil olahan buah kurma yang memiliki kandungan besi sebesar 1,5 mg per buah.

Tujuan: Mengetahui pengaruh sari kurma dalam meningkatkan kadar haemoglobin pada tikus putih betina.

Metode Penelitian: Jenis penelitian eksperimental laboratorik menggunakan rancangan acak lengkap dengan post test only control group design. Rancangan acak lengkap dengan pola post test only control group design adalah design adalah desain yang paling sederhana dari desain eksperimental (true eksperimen design). Populasi dalam penelitian ini adalah tikus putih betina galur wistar. Besar sampelnya adalah 24 tikus dengan kondisi anemia ringan yang dikelompokkan menjadi 4 kelompok perlakuan. Pengecekan kadar Haemoglobin dilakukan pre dan post perlakuan.

Hasil: Penurunan kadar Haemoglobin dari 15,38 gr/dl menjadi 15,27 gr/dl ditemukan pada kelompok tikus tanpa perlakuan. Kelompok tikus dengan perlakuan pemberian sari kurma terdapat peningkatan kadar Haemoglobin dari 9,32 gr/dl menjadi 12,91 gr/dl. Kelompok tikus dengan perlakuan pemberian tablet Fe terdapat peningkatan kadar Haemoglobin dari 9,41 gr/dl menjadi 3,09 gr/dl. Kelompok tikus dengan perlakuan pemberian sari kurma dan tablet Fe terdapat peningkatan kadar Haemoglobin dari 9,18 gr/dl menjadi 14,75 gr/dl.

Kesimpulan: Sari kurma dapat meningkatkan kadar Haemoglobin pada tikus putih betina sebesar 3,59 gr/dl.

 Kata Kunci: Sari Kurma, Haemoglobin, Tikus Putih Betina

 1Universitas Respati Yogyakarta

2Universitas Respati Yogyakarta

3Universitas Respati Yogyakarta


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/mr.v12i2.10

Article Metrics

Abstract view : 525 View
PDF - 304 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Medika Respati

Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan indexed by:

   Crossref  Google Scholar